Dua Hari Jelajah Gunung Sangiang Api, Panitia dan Peserta Lakukan ini
Cari Berita

Advertisement

Dua Hari Jelajah Gunung Sangiang Api, Panitia dan Peserta Lakukan ini

Minggu, 05 Agustus 2018

Foto : Peserta dan panitia melakukan foto bersama sebelum menanam bibit pohon kelapa.
Indikatorbima.com - Sedikitnya 30 peserta dari berbagai kalangan masyarakat ikut serta dalam kegiatan Jelajah Gunung Sangiang Api 2018, di antaranya juga diikuti oleh mahasiswa KKN UGM, Minggu (05/08/18).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia Festival Sangiang Api 2018 tersebut berlangsung selama dua hari berturut-turut sejak hari Sabtu 04 Agustus hingga Minggu 05 Agustus 2018.

Peserta jelajah gunung Sangiang Api mengunjungi beberapa tempat, seperti di gunung Sangiang, seperti perkampungan warga dan mengunjungi beberapa tempat yang memiliki potensi alam, bahkan peserta juga melakukan penanaman bibit pohon kelapa di Rasa (nama perkampungan warga) sebagai pusat perkampungan warga di Gunung Sangiang.

"Penanaman bibit pohon kelapa ini merupakan salah satu upaya penghijauan. Dan ketika bibit pohon kelapa ini besar nanti warga sekitar dapat memetiknya," ujur Irfan salah satu peserta jelajah Gunung Sangiang Api kepada Indikator Bima.

‌Jelajah Gunung Sangiang Api 2018 tersebut mulai star dari pesisir desa Sangiang pada hari Sabtu pukul 8:30 Wita menuju Pulau Sangiang Api.

Peserta dan panitia menggunakan dua perahu mesin milik masyarakat setwmpat. Masing-masing dari perahu ini mengangkut peserta, bibit kelapa serta panitia dengan berbagai macam perlengkapan mulai dari urusan dapur sampai dengan tenda penginapan peserta dan panitia.

Perjalanan dari Desa Sangiang darat ke pulau Sangiang tersebut memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Sesampainya di pulau Sangiang, peserta dan panitia langsung mempersiapkan peralatan jelajah gunung Sangiang Api. Setelah makan pagi, aktivitas jelajah pun di mulai.

Jelajah Gunung Sangiang Api di mulai dengan mengunjungi beberapa tempat yang memiliki potensi wisata, seperti So Rasa, Oi Kalo dan Oi pana dan beberapa tempat lainnya. Sementara peserta lainnya asyik menjelajah isi laut dengan memancing ikan.

Meski cuaca sedang tidak mendukung, namun peserta tetap puas menjelajah pulau Sangiang. Mereka pun berharap agar kegiatan tersebut tetap ada untuk tahun depan.

"Harapannya agar kegiatan seperti ini untuk tahun depan tetap di laksankan," ungkap peserta lainnya.

Jelajah Gunung Sangiang Api merupakan salah satu item kegiatan Festival Sangiang Api 2018. Selain jelajah gunung Sangiang Api, panitia Festival juga menggelar lomba sampan layar tradisonal, expo kerajinan rakyat, penas seni, gebyar kuliner Kalempe dan lain-lain.

Reporter : Irdan
Editor      : Fuad D Fu