Di Desa Rato, KKN STKIP Tamsis Gelar English Course dan Gemar Membaca
Cari Berita

Advertisement

Di Desa Rato, KKN STKIP Tamsis Gelar English Course dan Gemar Membaca

Jumat, 03 Agustus 2018

Foto : Suasana kegiatan kursus bahasa inggris singkat oleh mahasiswa KKN STKIP TAMSIS Bima untuk anak-anak SD di Desa Rato Kecamatan Lambu Kabupaten Bima.
Indikatorbima.com - Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa Bima (STKIP TAMSIS) di Desa Rato Kecamatan Lambu Kabupaten Bima menyelenggarakan kegiatan kursus bahasa inggris singkat (English Short Course) untuk anak-anak SD setempat, Jum'at (03/08/18).

Kegiatan yang di mulai sejak tanggal 23 Juli yang lalu sampai dengan tanggal 13 Oktober 2018 mendatang merupakan program kerja rutin mahasiswa KKN STKIP Tamsis Bima.

Irfan Ketua Posko KKN STKIP Tamsis Desa Rato menjelaskan, bahwa kegiatan kursus singkat bahasa inggris bagi siswa SD tersebut merupakan upaya untuk menambah ilmu pengetahuan siswa tentang bahasa inggris.

"Memberikan ilmu tambahan diluar jam sekolah bagi sehingga siswa-siswa tersebut dapat memanfaatkan waktunya dengan hal yang positif," ungkapnya.

"Karena cara belajar yang diterapkan pada kegiatan english short course ini sangat menyenangkan yaitu belajar sambil bermain," lanjutnya.

Alasan yang lain adalah peserta KKN-PPL Posko Desa Rato Lambu tersebut terdiri dari beberapa mahasiswa Program studi Bahasa Inggris sehingga mereka dapat menerapkan ilmu yang didapat di kampus kepada anak-anak tersebut.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Zulharman, S.hut.,M.Ling., Ipp, Mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat positif untuk masa depan generasi.

"Kegiatan ini sangat positif untuk mengembangkan Budaya Literasi sejak dini pada siswa SD karena ke depan bahas inggris ini akan sangat penting untuk menghadapi tantangan global," katanya.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat," harap Zulrahman.

Selain kegiatan english course juga digelar kegiatan Gemar membaca (Gerakan Mari Membaca) untuk mendorong dan meningkat minat baca sejak dini bagi anak-anak.

Program English Course merupakan salah satu program unggulan KKN PPL STKIP Taman Siswa Bima disamping ada program Sadar Literasi, Sadar Lingkungan dan iklim Zikir.

Seperti yang diketahui, Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu agenda yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. STKIP Taman Siswa Bima sebagai salah satu perguruan tinggi keguruan yang ada di Bima rutin menyelenggarakan kegiatan KKN-PPL Terpadu setiap tahunnya.

Tahun ini KKN-PPL Terpadu dilaksnakan di 22 lokasi di Kabupaten Bima salah satunya di Desa Rato Kecamatan Lambu Kabupaten Bima

Reporter : Taufiq
Editor      : Fuad D Fu