Terkait Batas Wilayah dan Dana Pembangunan Masjid, Pemuda Lambu Gelar Aksi Demonstrasi
Cari Berita

Advertisement

Terkait Batas Wilayah dan Dana Pembangunan Masjid, Pemuda Lambu Gelar Aksi Demonstrasi

Jumat, 13 Juli 2018

Foto : Suasana aksi demonstrasi di depan kantor Camat kecamatan Lambu.
Indikatorbima.com - Massa aksi yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Lambu melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Camat Lambu, mereka mempertanyakan batas wilayah Desa Sumi dan Soro. Massa aksi juga mempertanyakan anggaran pembangunan masjid Al-Mahrama di Desa Melayu, Kecamatan Lambu, Kamis (12/07/2018).

Edy Haryanto (26), Koordinator lapangan Komunitas Pemuda Lambu mengungkapkan, ada dua tuntutan pada aksi tersebut, yang pertama tidak jelasnya Peta Wilayah antara Desa Sumi dan Desa Soro, kemudian yang kedua mengenai transparansi anggaran pembangunan masjid Al-Mahrama di Desa melayu.

"Jika dilihat secara administrasi, penduduk RT Muhajirin (wilayah yang disengketakan) itu mempunyai KK dan KTP berpenduduk Desa Sumi," ungkapnya.

Sedangkan pemerintah Desa Soro mengklaim, RT Muhajirin di sebelah kanan jalan sampai di atas gunung merupakan wilayah desa soro.

"Kami melihat pandangan pemerintah desa Soro itu tidak mempunyai kepastian hukum. Jika itu wilayah Desa Soro kenapa penduduk RT Muhajirin mempunyai KK dan KTP Desa Sumi?" Tegasnya.

"Kami mendesak pemerintah Camat Lambu agar dapat memperjelas peta wilayah antar kedua desa. Agar tidak ada ketegangan, baik masyarakat maupun pemerintah desa." Tambahnya.

Sedangkan tuntutan kedua, mengenai anggaran pembangunan masjid Al-Mahrama di Desa Melayu yang dibahas lewat banggar, yang disepakati pemerintah daerah adalah 500 juta rupiah, sementara yang dikucurkan hanya 100 juta rupiah. Ini ada kelalaian dalam internal pemerintah daerah sehingga masjid Al-Mahrama renovasinya tertunda.

"Jika masalah ini tidak ditanggapi dengan serius oleh pemerintah, kami akan konsolidasi masa." Tutupnya.

Sementara itu, Camat Lambu dalam tanggapannya, akan melakukan mediasi antar dua belah pihak pemerintah desa dan mengundang semua tokoh masyarakat, mantan Kades Sumi dan Soro, termasuk semua lapisan masyarakat Desa Sumi dan Soro.

"Insyaallah akan kami usahakan hari Senin, pasti dipertemukan, kita akan sama-sama mencari solusi dalam permasalahan ini." Tutupnya.

Reporter : Safran
Editor      : Fuad D Fu