Duta Besar dan Wagub Bersama Ribuan Peserta Ramaikan Festival Rimpu di Monas
Cari Berita

Advertisement

Duta Besar dan Wagub Bersama Ribuan Peserta Ramaikan Festival Rimpu di Monas

Minggu, 15 Juli 2018

Foto : Suasana meriahnya pelaksanaan Festival Rimpu Bima-Dompu di Kota Jakarta
Indikatorbima.com - Pertama kali acara festival budaya Rimpu Bima dan Dompu dilaksanakan di tengah-tengah Ibu kota Negara, di Monumen Nasional (Monas). Festival ini diramaikan lebih dari lima ribu peserta.

Peserta yang merupakan putra-putri kelahiran Bima dan Dompu di Jakarta yang padati areal Monas. Bahkan ada warga Bima dan Dompu yang datang dari Bima dan Dompu sendiri hanya untuk menyaksikan festival Rimpu yang menjadi budaya turun temurun daerah Bima dan Dompu ini.

Tak hanya itu, selain pemerintah kabupaten Bima, Bupati H. Indah Damayanti Putri dan Bupati Dompu serta pemerintah provinsi NTB yang hadir, festival rimpu ini juga dihadiri sejumlah pejabat-pejabat pemerintahan pusat asal Bima, salah satunya Hamdan Zoelfa mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Bahkan, Sandiaga Uno Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Duta Besar dari Negara tetangga juga turut menyaksikan tampilan budaya Rimpu Bima dan Dompu yang hampir punah ini.

Disampaikan ketua panitia pelaksana festival, AKBP Ruslan Idris, S. Sos. MH, bahwa ia sangat bangga acara festival ini dimeriahkan ribuan masyarakat dan pejabat pemerintahan. Karena awalnya panitia memang targetkan hanya lima ribu peserta, tetapi peserta justru padati Monas.

"Setelah kami lihat peserta lebih dari itu. Festival kali ini juga dihadiri langsung sebelas Duta Besar Negara tetangga," kata AKBP Ruslan Idris Minggu, (15/07/08) siang.

Sementara, menurut Halimah seorang ibu asal Kabupaten Dompu yang tinggal di Jakarta, bahwa kegiatan festival ini sudah seharusnya dilaksanakan hingga budaya Bima tidak dilupakan masyarakat.

"Kami sebagai warga yang lahir di Bima sudah sepatutnya kami mengadakan festival ini, walau pun kami jauh dan merantau di Jakarta kami juga bisa tampilkan budaya Bima dan mengingatnya kembali," ujar Halimah.

Dalam kegiatan festival budaya rimpu ini pun, berbagai aktraksi budaya ditampilkan, termasuk Tari Saremba Tembe, Tari Haju Jati, bahkan di tampilkan juga Rawa Ndiri yang dianggap budaya yang hampir hilang dalam masyarakat daerah Bima Dompu.

Reporter : Tri Sutrisno
Editor      : Subhan Al-Karim