Warga Desa Londu Alami Krisis Air Bersih, Pemerintah Diharapkan Turun Tangan
Cari Berita

Advertisement

Warga Desa Londu Alami Krisis Air Bersih, Pemerintah Diharapkan Turun Tangan

Selasa, 26 Juni 2018

Foto : Terlihat beberapa warga sedang menunggu dan mengisi air bersih dengan ember.
Indikatorbima.com - Hampir di setiap tahunnya, Warga Desa Londu Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima mengalami krisis air bersih. Puluhan warga terpaksa mengantri mengisi Air, (25/06/17).

Salah satu penyebab terjadinya krisis air bersih di desa Londu adalah masuknya musim kemarau, sehingga mata air mengalami kekeringan. Sementara itu bak penampung air banyak yang disediakan.

Sekitar pukul 05 : 00 Wita sebagian masyarakat Desa Londu terpaksa mengantri berjam-jam hanya untuk mengambil air bersih untuk keperluan minum, makan, mandi maupun keperluan lain.

"Kami harus menunggu berjam-jam, dengan kondisi cuaca di Londu yang begitu dingin dan harus mengantri satu persatu demi mendapatkan air bersih," kata Hamilah salah satu warga setempat kepada Indikator Bima.

"Kami juga harus memutar kran air dan bergadang sampai larut malam menunggu mengisi air agar penuh dengan ember" ujar Kalisom warga lainnya.

Krisis air bersih yang sudah berlangsung selama berpuluh-puluh tahun tersebut diharapkan mampu diatasi oleh pemerintah dengan cara mengebor  mata air maupun dengan cara lainya.

"Kami selaku warga desa Londu berharap pemerintah baik itu lembaga legislatif dan eksekutif untuk segera melirik dan menindaklanjuti persoalan air bersih ini," harap Kalisom.

Reporter : Taufiqurrahman
Editor : Fuad D Fu