Polemik Gonta Ganti Aparat Desa, Ketua ICI Minta Sekda Dompu Konsisten
Cari Berita

Advertisement

Polemik Gonta Ganti Aparat Desa, Ketua ICI Minta Sekda Dompu Konsisten

Minggu, 03 Juni 2018

Foto : Ketua ICI Dompu
Indikatorbima.com - Polemik dan maraknya kasus pemberhentian dan pengangkatan aparatur desa oleh kepala Desa di berbagai desa di Kabupaten Dompu mendapat perhatian tersendiri dari Sekda Dompu, H. Agus Bukhari, SH. Menurutnya, pemberhentian dan pengangkatan aparatur desa oleh kepala desa tanpa adanya rekomendasi darit camat setempat merupakan pelanggaran hukum, Minggu (03/06/18).

“Aparatur desa tidak bisa diberhentikan atau diangkat tanpa ada rekomendasi dari camat,” kata H. Agus Bukhari, SH seperti dilansir dari lombok post.

“ini kekeliruan yang dilakukan kades sebelumnya, karena mengangkat pejabat dalam jabatan baru itu tanpa melalui rekomendasi camat,” lanjutnya.

Menanggapi pernyataan sekda Dompu itu, ketua Insan Cita Institut (ICI) Dompu meminta agar pernyataan itu tidak sekedar bualan belaka, melainkan pernyataan yang memilki komitmen untuk menegakkan hukum yang berlaku.

“Saya tantang Sekda Dompu untuk konsisten dan memiliki komitmen terhadap pernyataannya itu,” kata Slamat Abadi Sentosa kepada Indikator Bima, Minggu (03/06/18).

Selain itu, Slamat Abadi Sentosa juga meminta agar pemerintah kabupaten Dompu untuk bersikap tegas dan bertanggungjawab atas polemik pemberhentian dan pengangkatan aparatur desa yang sedang terjadi.

“Bupati Dompu harus mengambil sikap atas polemik yang sedang terjadi. Pemerintah harus bertanggungjawab terutama DPM-PD dan Camat terkait,” tegasnya.

Lebih lanjut, Slamat Abadi Sentosa juga meminta agar pemerintah kabupaten Dompu memberikan penekanan terhadap para kades yang diduga telah melabrak aturan dalam proses pemecatan dan pengangkatan aparatur desa.

“Pemerintah Kabupaten Dompu harus memberikan penekanan terhadap para kades yang dianggap melabrak aturan yang ada. Mustahil dong kades nggak mau dengarin kata Bupati,” tutupnya.

Seperti yang diketahui, polemik pemberhentian dan pengangkatan aparatur desa telah bergulir ke pengadilan. Setidaknya beberapa aparatur desa telah melayangkan gugatan terhadap keputusan kepala Desa terkait pemberhentian dan pengangkatan aparatur desa. Diantaranya desa Dorebara dan desa Nangarumpu.

Reporter : Furkan AS
Editor      : Izul