SKIPM Bima Peduli, Bakti Sosial Bersama Masyarakat di Pantai Kalaki
Cari Berita

Advertisement

SKIPM Bima Peduli, Bakti Sosial Bersama Masyarakat di Pantai Kalaki

Senin, 30 April 2018

Foto : Suasana bakti sosial bersihkan pantai Kalaki.
Indikatorbima.com - Secara rutin setiap tahun BKIPM mengadakan kegiatan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan melalui “Gerakan Masyarakat Sadar Mutu dan Karantina (GEMASATUKATA)" Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait perikanan termasuk peraturan yang mengaturnya dengan berbagai kegiatan selama satu bulan. Namun tujuan dasarnya adalah mengajak masyarakat dan stakeholder untuk sadar dan peduli terhadap kemajuan perikanan dan kelestariannya serta peraturan-peraturan yang menyertainya.

Baca juga : Di Dompu SKIPM Bima Bersama Masyarakat Tanam 1000 Mangrove

Salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka kegiatan bulan bakti yang dilaksanakan oleh Stasiun KIPM Bima yaitu kegiatan bersih pantai yang dilaksanakan di pantai Kalaki Desa Panda Kab. Bima.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai instansi/stakeholder diantaranya Dinas Kelautan Perikanan Kab. Bima, Dinas Kelautan Perikanan Kota Bima, UPBU M. Salahuddin Bima, Polsek KP3U, Badan SAR, Kepala Desa dan tokoh masyarakat setempat serta para guru dan siswa-siswi SDN setempat.

Kepala Stasiun KIPM Bima, Ridwan, S.St.Pi menjelaskan bahwa pantai seharusnya bersih dari sampah, sehingga pantai patut untuk dijadikan sebagai destinasi wisata oleh sebagaian masyarakat Bima.

“Sangat disayangkan jika pantai yang sering dijadikan destinasi pilihan wisata oleh sebagian besar masyarakat Bima saat liburan terlihat sangat kotor dan dipenuhi oleh sampah," jelas Ridwan.

Lebih lanjut Ridwan berharap, semoga kegiatan bersih pantai tersebut dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga pantai kalaki dari sampah yang berserakan.

“Semoga dengan kegiatan bersih pantai ini dapat menumbuhkan kesadaran pada masyarakat dan pengunjung pantai kalaki khususnya untuk lebih mencintai pantainya karena ini merupakan tujuan utama yang diharapkan melalui kegiatan bersih pantai ini," harapnya.

"Apalagi yang kita ikut sertakan dalam kegitan ini mayoritasnya adalah anak SD selain sebagai pembelajaran sejak usia dini juga menumbuhkan rasa malu bagi masyarakat yang melihatnya. Anak SD saja bisa masak kita tidak.” tutupnya.

Reporter : Furkan AS