Perilaku Tidak Etis Pemuda Ditengah Keberhasilan Perekonomian Kabupaten Dompu
Cari Berita

Advertisement

Perilaku Tidak Etis Pemuda Ditengah Keberhasilan Perekonomian Kabupaten Dompu

Selasa, 03 April 2018

Ilustrasi (foto : harapanrakyatonline)
Indikatorbima.com - Perkembangan perekonomian Kabupaten Dompu sekarang meningkat drastis dari yamg sebelumnya, hal tersebut tidak terlepas dari kebijakan atau program-program yang diterapkan oleh pemerintah daerah setempat. Dengan program Pijarnya bupati Dompu Drs.H. Bambang M. Yasin telah berhsil membawa perekonomian masyarakat setempat jauh lebih baik dari yang sebelumnya, karena memang hasil dari program tersebut langsung dirasakan oleh masyarakat itu sendiri. Khusus dalam program jagung, penghasilan masyarakat mencapai hingga puluhan juta rupiah setiap kali panen. 

Pemerintah Dompu saat ini lebih menfokuskan pembangunan perekonomian karena memang hal tersebut cukup sensitif dalam kehidupan masyarakat, namun selain itu ada pula hal yang harus diperhatikan yaitu tentang pembangunan nilai moral atau akhlak dalam masyarakat khususnya bagi para pemuda penerus bangsa. Tingkah laku pemuda saat ini sudah jauh dari yang seharusnya dilakukan, mereka lupa akan kewajibannya untuk menjalankan syariat menurut agama masing-masing. hal tersebut dapat dilihat dari kehidupan masyarakat sehari-hari, dimana hampir disetiap desa atau kelurahan yang ada di Dompu saat ini sudah jarang dijumpai lagi kegiatan tentang pembelajaran agama, seperti mengaji dan pelajaran agama yang lainnya.

Saat ini para pemuda minim akan ilmu atau pemahaman tentang agama, sehingga mempengaruhi perilaku mereka dalam kehidupan bermasyarakat, sebagai contoh: permusuhan antar pemuda, pencurian, mengkonsumsi obat terlarang, judi dan tindakan-tindakan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat. Apakah ini salah pemerintah? Apakah ini kesalahan program? Tentu saja tidak, karena untuk mencapai sesuatu hal yang lebih baik bukan hanya mengandalkan pemerintah saja akan tetapi antara pemerintah dan masyarakat harus saling bekerja sama. Dan apabila hal tersebut dikatakan sebagai kesalahan program maka itu bukanlah alasan yang tepat, karena program yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Ditengah suksesnya program pemerintah sekarang sebagian besar nasib kaum muda sungguh sangat memprihatinkan, mereka kehilangan arah dan merusak masa mudannya dengan hal-hal negatif, oleh karna itu dibutuhkan program penyeimbang yang dapat menyadarkan kaum muda dari hal-hal tersebut, sehingga antara perekonomian dan pemehaman agama tidak berbanding terbalik melainkan berjalan beriringan.

Program yang dimaksud yaitu program yang menfokuskan pada pembangunan pemahaman agama, seperti mengaji dan yang lainnya. Setidaknya itu dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat khususnya kaum muda agar tidak lupa kepada sang pencipta dan kewajiban-kewajiban lainnya. Dalam hal ini peran pemerintah sebagai starter harus segera bergerak untuk menangani hal tersebut. begitupula sebaliknya, masyarakat juga harus ikut serta dalam mendukung pemerintah menyelesaikan masalah tersebut.

Pemuda adalah kaum yang penting dan sangat kuat dalam kehidupan bermasyarakat, karna merekalah yang akan melanjutkan tongkat estafet dari para leluhur. Seperti yang disampaikan oleh presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno “Seribu orang tua bias bermimpi, satu orang pemuda bisa merubah dunia” artinya pemuda sangat berpengaruh karena mereka merupakan agen perubahan yang menentukan nasib bangsa dan negara kedepannya. Namun apbila tingkah laku pemuda di Dompu sudah tidak etis lagi maka apa yang akan terjadi?

Penulis : Firman Ardiansyah (mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan fakultas ilmu sosial dan politik universitas muhammadiyah malang).