Partisipasi mahasiswa Dompu di Malang terhadap daerah Dompu
Cari Berita

Advertisement

Partisipasi mahasiswa Dompu di Malang terhadap daerah Dompu

Kamis, 19 April 2018

Foto : Penampilan grup tari dari IKPMD di Kota Malang.
Indikatorbima.com - Kabupaten Dompu merupakan sebuah daerah yang berada di propinsi NTB yang saat ini terkenal akan penghasilan jagungnya yang melimpah. Selain hasil alam yang melimpah, Dompu juga terkenal akan generasi mudanya yang ulet dalam menuntut ilmu, hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan mahasiswa dompu di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Salah satu daerah yang yang menjadi tujuan generasi muda Dompu adalah Kota Malang.

Saat ini populasi mahasiswa dompu di kota Malang sudah cukup banyak dan bahkan mahasiswa sudah mampu membentuk berbagai organisasi daerah, baik itu orda kecamtan maupun etnis. Dan tak jarang orda-orda tersebut menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Keberadaan mahasiswa Dompu yang ada di Malang juga dapat membantu masyarakat dalam berbagai hal, seperti dalam bantuan kemanusiaan yang telah dilakukan pada saat masyarakat dompu terkena musibah banjir dengan cara melakukan penggalangan dana di berbagai titik Kota Malang, lalu kemudian hasilnya diserahkan kepada masyarakat dompu dan juga dapat memperkenalkan seni dan budaya daerah kepada masyarakat luas khususunya kota malang.

Dalam memperkenalkan seni dan budaya mahasiswa dompu melaksanakan salah satu kegiatan, yaitu FESTIVAL RIMPU di jln. Idjen (minggu 15 april 2018), dalam rangka memperingati hari jadi Dompu serta TAMBORA MENYAPA DUNIA ke-203 (TMD)
Dalam kegiatan yang bertema “satukan tekad dan tujuan menuju dompu yang sejahtera dalam bingkai nggahi rawi pahu” tersebut, yang mewadahinya adalah Ikatan Pelajar Dan Mahasiswa Dompu Malang (IKPMD) dan dibantu oleh berbagai orda kecamatan/etnis seperti IKAHUMA, HMDDM, HIMAPALA, KBMK, IKPMM dan IMKM. Dengan di adakannya kegiatan ini, mahasiswa menunjukkan eksistensinya sebagai putra/putri daerah tidak alkan pernah lupa tanah kelahiran walaupun berada ditanah rantauan. Terwujudnya kegiatan ini tidak terlepas dari ide-ide kreatif dari mahasiswa serta bantuan dari para sesepuh yang ikut berpartisipasi didalamnya.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa melakukan orasi sambil berjalan dan menampilkan dua tarian di titik tertentu, yaitu tarian WURA BONGI MONCA dan tarian RIMPU. Selain mahasiswa dompu, mahasiswa Bima juga ikut berpartisipasi untuk memerihkan kegiatan tahunan tersebut karena berhubung Dompu dan Bima masih terikat dalam satu suku (suku mbojo). Selain untuk menyambut hari jadi dompu, TMD dan memperkenalkan budaya Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama mahasiswa baik itu sesama dompu maupun diluar dompu.

Partisipasi yang di tunjukkan oleh mahasiswa Dompu dengan melalui berbagai kegiatanseperti kesenian, budaya, kemanusiaan dan yang lainnya merupakan bentuk tanggung jawab akan tugasnya sebagai generasi yang membawa perubahan yang berdampak baik dan menunjukkan bahwa mahasiswa masih ada untuk kehidupan masyarakat luas. Sang pendiri bangsa, Ir, soekarno pernah mengatakan bahwa “10 pemuda akan mampu mengguncangkan dunia”. Dengan demikian hal yang dilakukan oleh mahasiswa Dompu saat ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan hal tersebut.

Penulis : Firman Ardiansyah (mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang)