Komplasi Sukses Tampilkan Tari Loja Nggengge dan Rimpu di Acara Arkamaya BEM UMM
Cari Berita

Advertisement

Komplasi Sukses Tampilkan Tari Loja Nggengge dan Rimpu di Acara Arkamaya BEM UMM

Minggu, 29 April 2018

Foto : Grup tari dan peserta Fahsion Show dari anggota KOMPLASI 
Indikatorbima.com - Komunitas Mahasiswa dan Pelajar Sila (KOMPLASI) Malang sukses memperkenalkan budaya Bima, yaitu Tari Loja Nggengge dan Fashion Show di acara Arkamaya Budaya Indonesia yang diadakan oleh BEM Universitas Muhammadiyah Malang pada hari Sabtu (28/04) kemarin, bertempat di helipad UMM, Jl. Raya Tlogomas No. 246 Malang Jawa Timur. Selain itu, dalam acara tersebut KOMPLASI juga membuka stand khusus kuliner yang menyediakan makanan khas Bima, Minggu (29/04/18).

KOMPLASI sukses menampilkan dua penampilan yaitu Fashion Show dengan memperagakan budaya rimpu mpida dan rinpu colo, dimana rimpu merupakan pakaian khas wanita Bima yang diperagakan oleh empat orang wanita dan empat orang laki-laki. Rimpu mpida adalah untuk wanita yang belum menikah sedangkan rimpu colo ada untuk wanita yang sudah menikah.
Foto : Penampilan tari loja nggengge
“Salah satu point utama yang ingin disampaikan lewat peragaan rimpu dan tari loja gengge kepada masyarakat umum adalah tidak semuanya budaya di Indonesia ini bertentangan dengan syariat Islam, karena saat ini sedang maraknya Islam fobia di masyarakat," ujar Azizah selaku penanggung jawab dari perwakilan KOMPLASI kepada Indikator Bima.

"Nah, salah satu budaya Bima disini justru lebih mengarah kepada pakaian dan syariat islam yang digambarkan melalui peragaan rimpu dan tarian loja gengge ini,” tambahnya.
Foto : Rektor UMM saat mengunjungi stand masakan khas Bima
Azizah berharap semoga ke depan seluruh anggota KOMPLASI dan seluruh organisasi daerah di Malang dapat meramaikan kegiatan budaya di UMM dan di Universitas lain.

“Semoga untuk kedepannya setiap orda lain dapat meramaikan kegiatan budaya di UMM maupun di Universitas lain supaya budaya suku Mbojo bisa dikenal lagi lebih dalam," harapnya.

Reporter : Misbah
Editor      : Furkan AS