Hebat! Putra Asli Dompu ini Dikukuhkan Sebagai Profesor, Ini profilnya
Cari Berita

Advertisement

Hebat! Putra Asli Dompu ini Dikukuhkan Sebagai Profesor, Ini profilnya

Rabu, 25 April 2018

Foto : Prof. Dr. Syahrul, M.Pd.
Indikatorbima.com - Berdasarkan surat keputusan mentri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang pengangkatan professor, hari ini (25/04/2018), Prof. Dr. Syahrul, M.Pd. resmi dikukuhkan oleh Rekor Universitas Negeri Makassar sebagai professor, pada Bidang Ilmu Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan.

Dalam orasi ilmiahnya, di gedung teater Pinisi Universitas Negeri Makassar, beliau memaparkan tentang penyelenggaraan pengujian berbasis computer dalam lingkup dunia pendidikan Indonesia yang dilihat dari sudut pandang perkembangan, tantangan, dan arah inovasinya di masa depan.

Pria yang lahir di Dompu 5 Oktober 1962, buah cinta dan kasih dari pasangan H. Abdullah M Ali dan Hj. Huwayah sulaiman ini, sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik di Universitas Negeri Makassar.

Lalu, bagaimana perjalanan beliau hingga menjadi seorang professor?
Prof. Dr. Syahrul, M.Pd menempuh pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri 5 Dompu dan lulus pada tahun 1973, Pendidikan Tingkat Penengah Pertama di SMP Negeri 1 Dompu kemudian lulus pada tahun 1977, setelah itu melanjutkan pendidikanya di STM Negeri Mataram jurusan listrik, lulus pada tahun 1980.

Dalam jenjang pendidikan lebih tinggi, beliau melanjutkan pendidikan di FPTK IKIP Ujung Pandang ( Sekarang Universitas Negeri Makassar), jurusan Pendidikan Teknik Elektro dan lulus tahun 1986. Program Magister (S2) di Universitas Negeri Yogyakarta, prodi penelitian dan evaluasi pendidikan, lulus tahun 1996 dan gelar Doctor (S3) juga diraih di Universitas Negeri Yogyakarta, lulus pada tahun 2010 pada program studi penelitian dan evaluasi pendidikan.

Beliau mengawali karier sebagai dosen pada tahun 1987, mengajar di jurusan Pendidikan Teknik Elektro FPTK IKIP Ujung Pandang. Kemudian dilantik sebagai sekertaris jurusan pada periode 1997-2001.
Lalu, diangkat menjadi Ketua Jurusan Pendidikan Tteknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar periode 2001-2005.
Kemudian, beliau dipercayai untuk menjadi Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Teknik pada periode 2012-2016.
Sampai hari ini, beliau tercatat sebagai wakil dekan bidang Akademik Fakultas Teknik periode 2016-2020.

Selain mengajar di jurusan Pendidikan Teknik Elektro (S1), beliau juga mengajar pada program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar (S2), program studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK), dan program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP).

Dalam sepak terjangnya, beliau memperoleh beberapa penghargaan diantaranya, pernah menjadi mahasiswa teladan nasional dari pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1984, dosen teladan 1 Fakultas Teknik tahun 1998, dan juga memperoleh Satya Lencana 10 dari pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2007.

Reporter : Fahrurozy
Editor      : Fuad D Fu