Mengenal Buah Songga Hasil Hutan Daerah Bima, Ini Manfaatnya
Cari Berita

Advertisement

Mengenal Buah Songga Hasil Hutan Daerah Bima, Ini Manfaatnya

Rabu, 07 Maret 2018

Foto : Buah Songga (foto : Kinisehat.com)
Indikatorbima.com – Buah Songga (bidara laut) atau banyak sebutan lain sesuai dengan daerah masing-masing adalah salah satu buah hutan asli daerah Bima yang populasinya makin punah karena tergerus oleh keadaan, buah ini biasanya tumbuh musiman.

Biasanya buah Songga ini digunakan masyarakat daerah Bima sebagai obat berbagai macam penyakit, kalau sudah matang berwarna merah, isinya putih berbiji kecil, cara konsumsi buah ini cukup di buka kulitnya lalu ditelan, namun buah ini terkenal dengan rasa nya yang pahit. 
Foto : Batang kayu buah songga
Bukan hanya buahnya, batang kayu dari tumbuhan inipun sangat bermanfaat dan bisa digunakan juga untuk obat-obatan, bahkan masyarakat Bima yang kreatif mengukir kayunya untuk dijadikan gelas. 

Hal tersebut di ungkapan Siti Hajar salah satu Mahasiswa asal Desa Campa, Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat saat diwawancarai Indikator Bima.

"Sebenarnya yang lebih berkhasiat adalah kayu nya, saat saya masih kecil, batang kayu tumbuhan Songga dibuat orang tua dahulu menjadi gelas, gelas itu diisi air sehingga menjadi pahit karena kayu Songga ini terkenal dengan rasanya yang pahit, air itu diminum menjadi obat penyakit malaria, sakit perut, penambah nafsu makan bahkan bisa mengobati muka pucat" ungkapnya.
Foto : Gelas yang terbuat dari batang buah songga.
Selain itu, mahasiwa asal Wera Nur Assyfah mengatakan bahwa, batang kayu Songga ini, masih ada sebagian yang menjualnya, tetapi dijual di Daerah lain dengan harga yang lumayan tinggi.

"Kayu Songga ini, mahasiswa Bima di Makassar menjualnya, bahkan harganya sampai Rp. 350.000/batang, cara penggunaan untuk bisa jadi obat, batangnya dimasak, lalu dimimum airnya dengan manfaat dapat menghilangkan bau badan, alergi pada kulit, darah tinggi, kencing manis, penyakit gula, asma dan sesak napas bahkan dapat mengobati mata rabun," ujarnya.

Baca juga : Berbagai Macam Obat Tradisional Masyarakat Bima ini, Khasiatnya Luar Biasa!

Banyak buah-buah hutan lokal jenis lain yang bisa jadi obat-obatan, dan belum di deteksi oleh masyarakat, bahkan banyak buah-buahan lokal Bima yang bisa dimakan dengan rasa yang sangat enak dan manis, buah Songga hanya salah satu dari sekian jenis buah hasil hutan daerah Bima lainnya yang harus dibudidayakan.

“Andai saja (harapan) pemerintah meyiapkan sebuah lembaga atau apa saja namanya untuk membudidayakan buah-buah hutan asli Bima agar tak punah, sayang buah-buahan hutan kalau tidak dibudidayakan,” pungkas Nur Assyfah 

Reporter : Subhan Forest
Editor      : Fuad D Fu