Mantap! Kades Ingin Wujudkan Desa Rupe Yang Harum
Cari Berita

Advertisement

Mantap! Kades Ingin Wujudkan Desa Rupe Yang Harum

Jumat, 30 Maret 2018

Foto : Banner visi dan misi kades Rupe
Indikatorbima.com - Sudah menjadi hal yang sangat penting bagi setiap pemimpin untuk mempunyai visi dan misi dalam mencapai masyarakat yang adil dan makmur, dalam hal ini ternyata Kades Rupe Drs Mukhtar ingin mewujudkan masyarakat desa Rupe yang harum, Jum'at (30/03/18).

Mewujudkan masyarakat desa Rupe yang handal, aman, religius, unggul dan makmur (HARUM) menjadi sasaran Drs Mukhtar dalam masa kepemimpinannya sebagai kepala desa Rupe kecamatan Langgudu kabupaten Bima.

Perwujudan dari Masyarakat yang harum itu, ada beberapa poin yang menjadi misi Drs Mukhtar yaitu :
1. Menggali dan memaksimalkan pemanfaatan potensi SDA untuk peningkatan pendapatan daerah.
2. Membangun sarana dan prasarana berbasis ekonomi produksi dengan titik berat pada pertanian dan industri kecil melalui pola pemberdayaan.
3. Meningkatkan dan memberdayakan peran wanita dan pemuda serta taraf hidup warga miskin.
4. Membangun dan mendorong usaha masyarakat diberbagai sektor.
5. Menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif dan agamis dengan membangun TPA dan majelis taklim serta jum'at khusu. 

Visi misi tersebut, disampaikan di grup tertutup media sosial facebook Forum Desa Rupe, dan tentu sebelumnya sudah disosialisasikan kepada masyarakat desa Rupe, sehingga masyarakat dapat mengetahui tujuan Drs Mukhtar memimpin pemerintahan di desa Rupe.

Kepala Desa yang merupakan penguasa tunggal dalam pemerintahan desa, maka upaya penyelenggaraan pemerintahan desa dilihat dari efektivitas kinerja Kepala desa untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur dalam mencapai visi dan misinya.

Memahami dan upaya mendukung visi dan misi pemimpin atau pemerintahnya, masyarakat terkhusus pemuda tentu harus menjadikan sebagai daya tarik dan aspirasi untuk berkontribusi untuk umat dan bangsa, sebab itu pemuda perantau asal desa Rupe merespon baik dengan tujuan Kades Rupe mewujudkan masyarakat yang Harum.

"Sebagai pemuda asal Rupe dalam perantauan saya baru tahu bahwa Kades Rupe memiliki tujuan yang mulia sebagai pemimpin dengan visi dan misinya itu, tentu masyarakat dan pemuda yang ada di Rupe menjadi kewajibannya mengetahui visi dan misi Kadesnya," ungkap Subhan Mahasiswa Kehutanan Universitas Palangka Raya Kalteng ini.

"Adanya visi misi tersebut yang menjadi sasaran kades Rupe yang akan diwujudkan, artinya Drs Mukhtar sudah bisa melihat dan membayangkan kondisi masyarakat desa Rupe dan itu adalah jawaban yang sudah dirumuskan," lanjutnya.

Semua visi dan misi memang tidaklah semua bisa terpenuhi karena dalam setiap pemerintahan pasti ada dinamika dan problematika yang dihadapi, tetapi bukan berarti untuk tidak dilakukan evaluasi untuk memperbaiki dan berupaya mewujudkannya, apalagi masa kepemimpinan Drs Mukhtar sudah berjalan dalam beberapa tahun.

"Dengan sasaran itu, harus ada evaluasi apakah sudah mendekati atau malah menjauhi visi dan misi itu, apalagi masa kepemimpinan Drs Mukhtar sudah beberapa tahun berjalan," tutur Subhan Ketua Umum Ikatan Alumni SMPN 3 Langgudu 2009 kepada Indikator Bima.

Sementara itu, menurut Nia Arista pemudi desa Rupe, bahwa masyarakat desa Rupe berhak merasakan dan menanyakan capaian dari visi dan misi pemimpin pemerintahan di desa, termasuk dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Saya rasa, menjadi kewajiban semua aparatur desa Rupe, agar semua yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan masyarakat desa untuk disosialisasikan secara menyeluruh, kerena masyarakat berhak tahu," ucap Nia Arista Sekretaris Ikatan Alumni SMPN 3 Langgudu 2009.

Reporter : Brole
Editor      : Fuad D Fu