Hebat! TNI Asal Jawa Timur Ciptakan Lagu Uma Lengge
Cari Berita

Advertisement

Hebat! TNI Asal Jawa Timur Ciptakan Lagu Uma Lengge

Rabu, 14 Maret 2018

Foto : Agus Budi Rinekso
Indikatorbima.com - Salah satu anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjabat sebagai BAMIN TUUD KORAMIL 04/Woha di KODIM 1608 Bima Agus Budi Rinekso asal Kabupaten Ngawi, Propinsi Jawa Timur berhasil menciptakan lagu tentang Uma Lengge, Lagu yang diberi judul "Uma Lengge" tersebut, mengajak masyarakat untuk tetap melestarikan Uma Lengge yang hampir punah, Rabu (13/03/18).

"Seiring perkembangan jaman maka warisan leluhur sudah mulai luntur, nah pada saat itulah saya berusaha untuk membangkitkan semangat warga, agar kembali untuk membangun uma lengge warisan moyang kita," ungkap Agus pria pencipta lagu Uma Lengge ini kepada Indikator Bima.

Bagi Agus, budaya peninggalan nenek moyang yang santun dan ramah untuk masyarakat Desa Sambori harus tetap dipertahankan. Menurutnya, masyarakat harus bangga pada keistimewaan Desa Sambori.

"Budaya yang ramah, budaya yang santun, itu harus dipertahankan dan kita harus bangga Sambori tinggal di daerah Sambori yang terpencil namun sangat istimewa pemandangan yang elok indah nan permai ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Pria yang sudah berdomisili di Bima tepatnya di Kecamatan Woha ini menjelaskan, Bahwa dirinya bersama pemuda Desa Sambori akan membuat lagu kedua yang akan diberi judul "Sambori". Dalam waktu dekat ini akan dibuatkan video juga.

"Kalau judul kedua nanti yaitu, Sambori itupun hari sabtu personil Uma Lengge akan turun kecaman kelaki, ingin membuat video clip," tutupnya.

Selain menciptakan lagu, Agus bersama Creative Community Seni dan Budaya Uma Lengge Sambori juga menciptakan miniatur Uma Lengge. Hal itu dilakukan dalam rangka melestarikan Uma Lengge yang hampir punah. Sampai dengan berita ini ditulis, Creative Community Seni dan Budaya Uma Lengge Sambori sudah memproduksi sedikitnya 15 miniatur Uma Lengge dengan berbagai ukuran.

Untuk video clip lagu Uma Lengge dapat di lihat di chanel youtube @Indikakator Bima news.

Reporter : Furkan As
Editor      : Fuad D Fu