Hebat! Komunitas Rumah Anak Bumi Akan Gelar Festival Pinggir Kali
Cari Berita

Advertisement

Hebat! Komunitas Rumah Anak Bumi Akan Gelar Festival Pinggir Kali

Jumat, 02 Maret 2018

Foto : beberapa anggota dan pengurus komunitas Rumah Anak Bumi
Indikatorbima.com - Komunitas Rumah Anak Bumi akan menggelar Festival Pinggir Kali di Jl. Cemara 1, Perumnas 1, Desa Cibunar, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten bogor, Jawa Barat. Pada bulan Maret sampai dengan April 2018 mendatang. Berbagai event penting dan menarik akan mewarnai pelaksanaan Festival Pinggir Kali, Jum'at (02/03/18). 

Berbagai kegiatan masyarakat akan digelar pada Festival Pinggir Kali. Pra-Event akan dilakukan kegiatan bersih kali pada tanggal 18 Maret 2018 dan gerakan Melukis Massal pada tanggal 24 Maret 2018. Sementara pada kegiatan inti sejak tanggal 30 Maret Hingga 01 April 2018 mendatang akan digelar kegiatan seperti, Workshop Sampah, Pameran karya seni masyarakat Workshop Kopi, Pemutaran film dan dokumenter, Seni Instalasi, tari dan perform art. Tidak hanya itu, Penampilan La Hila band, dan Solomon band akan semakin meramaikan dan memeriahkan festival pinggir kali tersebut. 

"Persiapanya Sudah 80 persen... terkait administrasi, peralatan/perlengkapan, acara dan tempat kegiatan," Ungkap Abhym selaku ketua panitia kepada Indikator Bima.
Foto : Survei lokasi persiapan kegiatan Festival Pinggir Kali
Abhym berharap dengan adanya Festival Pinggir Kali tersebut, dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat terutama pemerintah untuk lebih memperhatikan dan perduli terhadap lingkungan sekitar. Bahwa, sebenarnya daerah Parung Panjang memiliki potensi yang sangat besar. 

"Harapanya, Masyarakat bisa lebih sadar lagi terhadap lingkunganya, mengembalikan jiwa gotong royong, tenggang rasa, dan menjadikan Parung Panjang ini sebagai tempat destinasi pariwisata, Karena selama ini kenyataanya bahwa daerah Parung Panjang ini tidak diperhatikan baik oleh pemerintah maupun masyarakatnya sendiiri, padahal daerah ini memiliki potensi besar. Salah satunya wilayah pinggir kali," harapnya. 

Lebih lanjut Abhym menjelaskan, bahwa Festival Pinggir Kali merupakan kegiatan masyarakat, agar masyarakat tidak hanya menikmati saja melainkan terlibat langsung sebagai pelaku kegiatan.

"Intinya kegiatan ini Adalah kegitan masyarakat, rumah anak bumi sebagai penggerak saja. masyarakat sebagai pelaku bukan lagi sebagai penikmat," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Rumah Anak Bumi Ridwan Manantik. Ia mengatakan, bahwa Festival Pinggir Kali bukan hanya sekedar kegiatan, akan tetapi festival pinggir kali adalah sebuah event dimana masyarakat diajak sebagai pelaku dalam semua peristiwa di festival tersebut. 

"Festival juga bukan cuma sekedar kegiatan tetapi Keikut sertakan masyarakat dalam di dalamnya dan masyarakat bukan sekedar menjadi penikmat tontonan tetapi di ajak sebagai pelaku dari semua peristiwa di festival," katanya.

Pelukis nasional asal Bima ini pun berharap, dengan adanya event sosial dan kebudayaan tersebut, mampu memberikan bekal kepada masyarakat khususnya bagi generasi muda untuk mengembangkan bakat, nalar, imajinasi dan rasa di dalam seni.

"Harapannya dengan event ini Efek budaya dan sosial Bagi generasi muda di samping pendidikan formal perlu membekali diri dengan skill dan mengembangkan bakat yang ada apapun bakatnya, seni adalah menyeimbangkan nalar, imajinasi dan rasa," Harap Ridwan Manantik.

Reporter : Furkan As
Editor      : Fuad D Fu