Dikpora NTB Undang Rangga Babuju Sebagai Inspirator
Cari Berita

Advertisement

Dikpora NTB Undang Rangga Babuju Sebagai Inspirator

Rabu, 07 Maret 2018

Foto : Rangga Babuju Ketika Menyampaikan Motivasi dan Orientasi
Indikatorbima.com - Dalam rangka memaksimalkan fungsi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) guna melahirkan generasi kreatif dan inovatif. Pada tanggal 5-6 Maret 2018 kemarin, Dikpora NTB menggelar Rapat Kerja dengan tajuk "Penataan SMK Melalui Kegiatan Revitalisasi dan Pemetaan Bantuan DAK SMK Tahun Anggaran 2018" di Aula Wisma Tambora Mataram. Kegiatan tersebut juga mengundang beberapa inspirator, salah satunya Rangga Babuju, Rabu (07/06/18).

Rangga Babuju, salah seorang yang diundang dari 4 pembicara, untuk memberikan materi motivasi dihadapan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Kepala TU SMK se-NTB ini selama 2 hari di Lombok dan 2 hari di Sumbawa Besar. Oleh Dikpora NTB, Rangga dianggap sebagai salah seorang inspirator muda NTB saat ini dengan berbagai kegiatan dan aktivitas sosial entrepreneur yang dikolaborasi dengan kegiatan sosial kemanusiaan di wilayah Kota dan Kabupten Bima. 

"Harapannya, bahwa kegiatan seperti ini tidak sekedar seremonial semata. Tapi harus bisa di follow up hasilnya. Karena per 3 bulan Inovasi dijaman ini terus berubah. Jika tidak, maka siap-siap tergilas oleh jaman," harap Rangga Babuju.
 
Dalam Sambutannya, Kadis Dikpora NTB, Drs. H. Muhammad Suruji, menyatakan bahwa, Rangga Babuju satu-satunya yang diundang kali ini dari wilayah Timur NTB atas kiprahnya membangun Negeri.

"Saya sudah cukup lama mengenal Rangga Babuju ini melalui karya-karya dan gerakan pemberdayaan dan sosial kemanusiaannya. Ia adalah anak muda yg mampu menginspirasi NTB," ungkapnya disambut riuh tepuk tangan undangan. 

"Sangat wajar, ia menjadi salah seorang Pemuda Pelopor NTB bersama 6 anak muda lainnya di NTB tahun 2017 yang lalu dan menerima penghargaan dari Presiden RI," lanjutnya 

Sementara itu, Drs. Lalu Hasbulwadi Kabid SMK Dikpora NTB mengungkapkan bahwa sudah saatnya SMK di NTB ini berbenah. 

"Data menunjukan bahwa ada 69 porsen siswa SMK di NTB tidak terserap baik dalam dunia Kerja maupun dunia Kemahasiswaan," ungkapnya. 

"Dengan menghadirkan para motivator muda ini dihadapan bapak-bapak sekalian, jargon SMK Bisa akan segera menjadi SMK produktif," tegasnya dihadapan peserta. 

Selain Rangga Babuju, Dikpora NTB juga mengundang Farid Tolomundu sebagai penulis muda berkarakter di NTB. Telah menulis dan mencetak 25 judul buku tentang NTB. Kemudian, Muhammad Syahwan, penggiat Bank Sampah di NTB yang sudah go Internasional. Syahwan telah diundang diberbagai negara termasuk Amerika Serikat dan Jepang, hanya untuk bicara soal sampah dalam 2 tahun terakhir. 

Salah seorang lainnya, adalah TGH Hasanain Junain, Lc,. MH. pengasuh Ponpes Nurul Haramain, Narmada. Beliau adalah peraih Nobel Ramon Magsaysay, Nobel Bergengsi di Asia atas perannya dalam menjaga kerukunan hidup umat beragama di Lombok. Juga tahun 2016 yang lalu oleh Presiden RI di anugerahi Kalpataru Pembina Lingkungan Hidup. 

Kegiatan tersebut, mengundang Kepala Sekolah, Wakasek dan Kepala TU SMK se - NTB. Kegiatan tersebut, dibagi pada dua wilayah yaitu, SMK Se-Pulau Lombok dihelat di Wisma Tambora Kota Mataram, 5-6 Maret 2018. Sementara untuk SMK se-pulau Sumbawa dilaksanakan pada 8-9 Maret 2018 di Aula SMKN 1 Sumbawa Besar nanti. 

Reporter   : Taufiqurrahman 
Editor        : Muh. Ainul B