Bangun Gerakan Literasi, Ini Pesan Mager untuk Generasi Bima
Cari Berita

Advertisement

Bangun Gerakan Literasi, Ini Pesan Mager untuk Generasi Bima

Kamis, 01 Maret 2018

Foto : Beberapa nggota MAGER (perempuan) melakukan foto bersama dengan tokoh literasi Nasional.
Indikatorbima.com - Usai di gelarnya diskusi akbar yang bertajuk "Literasi Kerakyatan" oleh Komunitas Mahasiswa Penggerak (MAGER) Malang, bertempat di Cafee Cus Cus Jl.Mergo. Dau. Malang pada hari Minggu 24 Februari 2018 kemarin, Komunitas Mbojo Ma Tunti (KAMBUTI), dan beberapa Mahasiswa Bima yang menyempatkan hadir dalam acara tersebut mendapatkan motivasi dan inovasi baru, Kamis (29/02/18).

Miftahul Jannah Salah Satu SC Komunitas Mahasiswa Penggerak berharap kepada generasi penerus di Kabupaten dan Kota Bima agar selalu semangat dalam mengembangkan budaya literasi. Ia menginginkan agar mahasiswa asal Bima selalu aktif dan melek teknologi dimana pun berada.

"Semoga Mahasiswa Bima juga bersemangat dalam mengembangkan literasi, melek akan perkembangan Teknologi, sehingga mampu mengembangkan literasi sesuai dengan perkembangan yang ada," ujarnya. 

"Mahasiswa juga patut melakukan pergerakkan praksis, tidak sebatas pada teori saja. Namun melihat perkembangan saat ini, sudah mulai bermunculan beberapa komunitas ataupun orang yang memiliki kesadaran terhadap ranah sosial dan literasi," tambahnya.

Lebih lanjut Miftah menghimbau kepada seluruh mahasiswa asal Bima dimana pun berada, agar sama-sama bergerak untuk menggerakkan. Menurutnya sedikit aksi lebih baik daripada banyak berteori. 

"Jangan pernah berhenti membaca serta mengembangkan wawasan. Semua perubahan berawal dari diri kita sendiiri, jika kita ingin mempengaruhi orang lain untuk bergerak maka kita sudah harus selesai dengan diri kita sendiiri," tuturnya. 

"Salam perubahan, salam literasi, karena bergerak berarti mengubah. Tetap semangat sampela Mbojo, aksi nyata lebih baik daripada sebatas teori," Tegas Salah satu Alumni Mahasiswa UMM Prodi Biologi Asal Bima tersebut.

Sementara itu, Ketua Komunitas MATUNTI Parange Anaranggana menyatakan, bahwa dirinya sangat takjub dengan pergerakan Komunitas Mahasiswa Penggerak (MAGER) dalam mengembangkan budaya literasi. Baginya ikut bergerak lebih baik daripada hanya menikmati hasil karya orang lain. Oleh karenanya, dalam waktu dekat KAMBUTI akan memproduksi tulisan-tulisan yang berkualitas dan dapat dijadikan referensi oleh semua pihak.

"Para eksponennya ditargetnya menjadi literat yang mencerdaskan dan mencerahkan. Ke depan KAMBUTI dalam kerjanya berusaha memproduksi tulisan yang dapat dijadikan referensi bagi semua kalangan sehingga ide-ide itu dapat disuarakan secara merdeka," katanya Kepada Indikator Bima.

Lebih lanjut Anarangga berharap agar semua komunitas yang ada di Bima saling bahu membahu dalam membangun dan mencerdaskan generasi Bima.

"Kambuti meyakini bahwa verba volant scripta manent dan semua Komunitas yang ada di Bima harus menjadi mitra dan Saling menguatkan dan saling membesarkan karna Perjuangan pencerdasan tidak bisa dilakukan sendirian, akan tetapi saling bahu membahu antara pemilik visi yang sama," tutupnya.

Reporter : Taufiqurrahman
Editor      : Fuad D Fu