Bangkitkan Budaya Literasi, Komunitas Kalikuma Bagikan Buku Gratis
Cari Berita

Advertisement

Bangkitkan Budaya Literasi, Komunitas Kalikuma Bagikan Buku Gratis

Kamis, 01 Maret 2018

Eksponen Kalikuma tengah membagi buku gratis. Foto: Asrarudin
Indikatorbima.com - Komunitas Kalikuma semakin menunjukkan kiprahnya dalam memajukan budaya literasi melalui aksi nyata berupa pembagian buku gratis. Aksi tersebut dilakukan di halaman Kampus II UIN Mataram, Jalan Gajah Mada Jempong Mataram NTB, Kamis (01/03/18).

Ketua aksi, Hendrawansyah, mengatakan, buku-buku yang dibagikan merupakan buku koleksi perpustakaan Kalikuma yang berlokasi di Taman Kapitan Ampenan Mataram.

“Kami berharap, melalui pembagian buku ini, mahasiswa bisa memanfaatkan waktu istirahatnya untuk membaca buku ketimbang sibuk main gadget,” tuturnya. 

Menurutnya, di era globalisasi dan kecanggihan teknologi saat ini, mahasiswa lebih senang mencari informasi melalui `mbah google` ketimbang ke perpustakaan untuk membaca.

“Jika fenomena ini tidak disadari oleh kita, minat baca di Indonesia akan semakin menurun, sehingga menjadi ancaman bagi kemajuan bangsa dan negara. Dan tentu saja, membutuhkan keterlibatan semua pihak untuk sama-sama bergerak di bidang literasi, tidak hanya dibebankan pada pemerintah saja,” tambahnya.

Direktur Alamtara Institute dan Pendiri Kalikuma, Dr. Abdul Wahid, M. Ag., M. Pd., yang dihubungi secara terpisah oleh media ini mengatakan bahwa tujuan dari aksi ini semata-mata untuk mengkampanyekan budaya literasi di NTB. Proses pencerdasan generasi tidak bisa terlepas dari budaya baca.

“Salah satu cara kerja dalam berliterasi adalah melalui bacaan dan produksi bacaan. Jangan sampai generasi di NTB kekurangan bahan bacaan. Spirit itu yang melatarbelakangi dilaksanakanya aksi ini,” ujar lelaki yang juga akademisi UIN Mataram tersebut.

“Praktik bagi buku itu sudah sejak awal menjadi tradisi di Komunitas Kalikuma, karena memang sejak awal komitmen berdirinya adalah pengembangan literasi di NTB. Sampai pada akhirnya Kalikuma menjadi penyebar virus literasi,” tambahnya.

Salah seorang eksponen Kalikuma, Asrarudin Hamid, berharap buku-buku tersebut dapat bermanfat bagi kalangan muda. Dokter muda ini juga mengungkapkan proyeksi kegiatan Kalikuma untuk wilayah Bima.

“Semoga buku ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kaum muda. Aksi serupa tidak hanya berlangsung di Mataram saja. Kelak akan merambah hingga ke Bima. Bima, kami akan datang,” tandasnya.

“Di Bima nanti, selain membagikan buku gratis untuk mahasiswa, kami berencana memberikan paket buku untuk komunitas literasi,” tutupnya.

Reporter : Hendra
Editor      : Parange Anaranggana