Potensi Desa Sangiang Menarik Perhatian Mahasiswa KKN UGM Yogyakarta
Cari Berita

Advertisement

Potensi Desa Sangiang Menarik Perhatian Mahasiswa KKN UGM Yogyakarta

Minggu, 18 Februari 2018

Foto : Saat perwakilan mahasiswa KKN UGM Yogyakarta menyampaikan presentasi di Balai Desa Sangiang.
Indikatorbima.com - Perwakilan Kelompok Kuliah Kerja Nyata Universitas Gajah Mada (KKN UGM) Yogyakarta yang akan melaksanakan kegiatannya pada bulan Juli-Agustus 2018 mendatang melakukan observasi lapangan dan presentasi program kerja pada tanggal 17 Februari 2018 lalu, di Balai Desa Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Kedatangan kelompok KKN yang diwakili oleh Lutfi Sa'bani, Aufi Nidau Sholihah, dan Arisandi Amalia P. tersebut disambut baik oleh pemerintah Desa Sangiang, Minggu (18/02/18).

"Kami di Sangiang kemarin melakukan observasi lapangan terkait persoalan yang dihadapi sangiang terkait lingkungan, pertanian, perikanan, pariwisata, dan persoalan batas desa," kata Muhamad Lutfi Sa'bani Koordinator Desa atau ketua kelompok KKN Mahasiswa UGM.

Lebih lanjut Muhamad Lutfi Sa'bani mengatakan, bahwa usai melakukan kegiatan observasi lapangan dirinya bersama perwakilan yang lain mempresentasikan program-program akan mereka laksanakan pada bulan Juli-Agustus 2018 mendatang.

"Selepas itu kami harus mempresentasikan program-program yang akan laksanakan seperti pengembangan Pokdarwis, penguatan siskeudes dan website desa, serta program pemetaan berbasis citra," tuturnya Kepada Indikator Bima.

Ditanya mengenai kenapa kelompok KKN UGM memilih Desa Sangiang sebagai tempat pelaksanaan KKN. Muhamad Lutfi Sa'bani menerangkan, bahwa Desa Sangiang memiliki potensi ekowisata yang sangat besar untuk dikembangkan dalam rangka menunjang kehidupan masyarakat Desa Sangiang.

"Kami melihat bahwa desa sangiang sangat kaya akan potensi terutama dalam hal ekowisatanya. Melihat potensi yang begitu besar sangat disayangkan apabila tidak dioptimalkan semaksimal mungkin terutama untuk menunjang kesejahteraan masyarakatnya," jelasnya.

Lebih lanjut Muhamad Lutfi Sa'bani bersama kawan-kawan berharap bantuan dari semua elemen pemerintah, masyarakat Desa Sangiang dan pihak-pihak terkait dalam hal pelaksanaan program-program KKN UGM.

"Selain itu kami juga mengharapkan bantuan dari semua elemen masyarakat baik dari desa, pemda, dan semua OPD di pemkab Bima serta semua stakeholder yang ada guna membantu program kami kedepan," harapnya.

Sementara itu, pemerintah Desa Sangiang sangat mengapresiasi kedatangan mahasiswa KKN UGM tersebut, program-program yang ditawarkan dinilai tidak hanya bagus melainkan juga dibutuhkan oleh masyarakat Desa Sangiang. Bahkan pemerintah Desa Sangiang berharap agar Desa Sangiang dapat dijadikan sebagai Desa binaan oleh UGM.

"Kami menyambut baik dan apresiasi kehadiran mahasiswa UGM di desa sangiang, rencana program mereka tidak hanya bagus tapi juga merupakan program yang dibutuhkan oleh desa saat ini," ungkap Nasrullah, S.Hut kepada Indikator Bima.

"Kedepannya kami harap sangiang bisa jadi desa binaannya UGM," harapnya.

Reporter : Furkan As
Editor      : Fuad D Fu