Waspada! Tiga Hari Kedepan Wilayah Bima dan Dompu Rawan Hujan Lebat dan Angin Kencang
Cari Berita

Advertisement

Waspada! Tiga Hari Kedepan Wilayah Bima dan Dompu Rawan Hujan Lebat dan Angin Kencang

Senin, 29 Januari 2018

Foto : Sebuah pohon asam di Wera tumbang gara-gara angin kencang.
Indikatorbima.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Salahuddin Bima yang beralamat di Jl. Sultan Muhammad Salahuddin Bima 84173, NTB. Hari ini secara resmi mengeluarkan Analisis Kondisi Cuaca Angin Kencang di Kabupaten Bima. Hasil analisi tersebut, mengatakan Untuk 1-3 hari ke depan, perlu di waspadai terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga Lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat diwilayah Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima, Senin (29/01/18).
Screenshoot surat analisis BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Salahuddin Bima.
Berdasarkan hasil analisisnya, BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Salahuddin Bima menyatakan 6 hal berikut :
1. Berdasarkan analisis secara Global, Suhu muka laut di perairan Indonesia termasuk perairan disekitar pulau Sumbawa yang cukup hangat meningkatkan potensi penguapan untuk pertumbuhan awan.

2. kelembapan udara yang cukup basah dari lapisan gradient hingga lapisan 200 hPa, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan.

3. Analisa citra Satelit menunjukan pergerakan awan yang cukup cepat dan mengalami peluruhan.

4. Berdasarkan analisis secara Lokal dari data K Indeks, L indeks dan Showalter indeks menunjukan bahwa kondisi atmosfer pada saat itu cukup labil.

5. Analisa citra radar juga menunjukan tidak adanya pertumbuhan awan konvektif signifikan seperti cumulonimbus.

6. Kecepatan angin terukur pada AWOS mencapai 20,4 Kt pada pkl 14.30-14.45 WITA.

Pada prospek kedepan, BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Salahuddin Bima menegaskan bahwa, untuk 1-3 hari ke depan, perlu di waspadai terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga Lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat diwilayah Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima.

Reporter : Abang Jebra
Editor      : Muh. Ainul B