Warga Kec. Madapangga Butuh Jembatan Penghubung
Cari Berita

Advertisement

Warga Kec. Madapangga Butuh Jembatan Penghubung

Minggu, 07 Januari 2018

Foto : beberapa warga sedang membopong motor salah satu warga lain untuk sampai ke tepian menuju perkebunan.
Indikatorbima.com – Warga Desa Monggo, Desa Ncandi, Desa Dena dan lainnya, di Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, membutuhkanjembatan penghubung untuk kelancaran perjalanan pertanian dan perkebunan di daerah So Tampoku dan Raba Wuwu Desa Dena, Sabtu (06/01/2018).  

“Kami sangat membutuhkan jembatan agar kami tidak lagi membopong motor kami untuk menyebrangi sungai yang belum sepenuhnya banjir ini surut” Ujar Rizal salah satu warga Monggo yang bertani di sana ke Indikator Bima.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, bahwa jalan pintas ada juga di Desa Tonda dan tidak hanya di Desa Dena saja. Selain itu, jalan pintas di Desa Tonda juga rusak. Maka dari itu, jalan yang lebih mudah dan cepat untuk menuju ke sawah warga adalah di Desa Dena. Ia pun menjelaskan, bahwa jalan tersebut merupakan jalur penghubung di beberapa tempat strategis dimana masyarakat bercocok tanam.

“Terkait jalan tersebut bukan hanya sawah Lakeda saja yang dia tuju, melainkan sawah So Bre wilayah Tonda itu untuk area persawahan, trus area pergunungan buat masyarakat bercocok tanam, Doro Cora, Doro Kawusi, Sonco Pate, Doro Same, Sandudu, Mada Mina, Mada Kopa, Rade Bima yang termasuk wilayah Dena, Doro To’i Donggo Sampalu, Caki Wani, Karya Ompu Kasi, Jo Rongge, Rongge, Wadu Lopi, Donggo Iri, Mila Panta dan Sangopa. Hampir 45% warga Desa Monggo yang bertani di wilayah tersebut” Ujarnya. 

"Dengan kondisi jalan yang seperti itu warga harus bahu-membahu membantu membopong motor warga lainnya secara bergantian, karena pada saat musim hujan seperti ini, jika banjirnya besar akan surut dalam waktu dua sampai tiga hari, itupun jika hujan tidak turun lagi" lanjutnya. 

Masyarakat sudah lama menginginkan dibangunkannya jembatan oleh pemerintah tapi sampai sekarang belum ada reaslisasi dari pemerintah. Masyarakat Kecamatan Madapangga berharap agar pemerintah segera membuka mata dan membangunkan jembatan penghubung untuk masyarakat.

“Harapan saya dan mewakili seluruh masyarakat yang bertani di tempat tersebut, supaya pemerintah tidak menutup mata dan mau melihat dengan mata hatinya untuk melihat nasib kami dan secepatnya dibangunkan jembatan penghubung tersebut,” harapnya.


Reporter : Misbah
Editor      : Muh. Ainul B