Terkait Adanya Dugaan Penggelapan Dana Desa, Kades : Itu Tidak Benar
Cari Berita

Advertisement

Terkait Adanya Dugaan Penggelapan Dana Desa, Kades : Itu Tidak Benar

Rabu, 17 Januari 2018

Foto : Kepala Desa Hidirasa Abdul Haris, SH. (foto : Akun Facebook @Abdul Haris)
Indikatorbima.com - Menanggapi pertanyaan dan protes pemuda Desa Hidirasa terkait dugaan penggelapan dana Desa dalam belanja Desa tahun anggaran 2017 tentang kegiatan penyediaan alat pertukangan dengan nilai belanja 17 juta rupiah. Kepala Desa Hidirasa Abdul Haris, SH membantah dugaan tersebut tidaklah benar. Dirinya mengaku sudah menggunakan anggaran tersebut sesuai dengan prosedur dan tata cara yang berlaku, dan tidak akan berani melakukan penggelangan sebagaimana dugaan para pemuda tersebut, Rabu (17/01/018).

"Itu tidak benar, tidak mungkin pemdes menggelapkan dana desa seperti itu," terangnya.

"Sebenarnya tidak hanya Saiman yang kita berikan, terserah kades mau kasih ke siapa. Nggak bisa juga alat itu kita kasih ke satu orang saja. Masih banyak yang lain," lanjut Abdul Haris ketika menerangkan terkait siapa saja penerima manfaat dari kegiatan penyediaan alat pertukangan kepada Indikator Bima melalui telepon.

Baca Juga : Pemuda Protes, Pemdes Hidirasa Diduga Melakukan Penggelapan APBdes

Abdul Haris juga menjelaskan bahwa dirinya tidak mungkin dan tidak akan berani melakukan penggelapan dana desa sebagaimana yang dimaksud, mengingat dirinya masih memiliki banyak usaha pribadi, seperti persawahan, perekebunan, dan lain-lain.

"Nggak berani juga saya lakukan itu, masih banyak usaha yang lain untuk mendapatkan uang. Saya masih punya sawah, kebun dan lain-lain. Maaf, bukannya saya menyombongkan diri," jelasnya.

Lebih lanjut Kades ini mengungkapkan, bahwa dirinya ingin sekali bertemu dengan para pemuda itu. Namun karena kesibukan dan kesempatan membuat dirinya tidak dapat bertemu dengan para pemuda tersebut.

"Saya sebenarnya ingin bertemu dengan mereka, mereka itu ya anak-anak dan adik-adik saya, tapi memang karena kesibukan dan kesempatan jadi nggak bisa ketemu," katanya.

"Intinya, dugaan mereka tidak benar. Kami sudah bekerja sesuai dengan tata cara dan prosedur yang benar," lanjutnya.

Pihak pemerintah Desa Hidirasa, khususnya kepala Desa berencana akan mengadakan pertemuan dengan para pemuda Desa Hidirasa untuk memperjelas permasalahan yang dipertanyakan.

"Saya berencana akan memanggil adik-adik pemuda, wajar jika mereka ingin tahu. Dan kita harus menanggapinya dengan baik-baik. Maklum pemuda," ungkapnya. 

Reporter : Furkan As
Editor      : Fuad De Fu