Teori Darwin Melawan Semua Kitab Suci
Cari Berita

Advertisement

Teori Darwin Melawan Semua Kitab Suci

Minggu, 14 Januari 2018

Ilustrasi (foto : think-aboutit.com)
Indikatorbima.com- Charles Robert Darwin fenomenal karena teori evolusi yang dikembangkan seratus lima puluh tahun lalu. Menurut 'teori evolusi', manusia berasal dari ordo yang mirip kera (primates) atau spesies terpisah yang kemudian ber-evolusi.

Evolusi hanya salah satu dari 12 teori yang ia kemukakan. Jika setiap Individu spesies berhasil bereproduksi maka pertumbuhan populasi akan menjadi liar tak terkendali. Sumber makanan yang ada terbatas, akan terjadi persaingan untuk memperebutkan sumber makanan yang terbatas itu untuk mempertahankan hidup. Dan beberapa lainnya.

Memang tak semua point yang diajukan Darwin melawan logika kitab suci. Tapi teori evolusi yang diajukan terasa menyakitkan dan melawan logika kitab suci yang diyakini banyak murid.

Para kaum akademisi dan cerdik cendekia beragumentasi bahwa teori evolusi perlu diberikan di sekolah sebagai satu kesatuan ilmu yang tidak terpisah. Anak didik berhak mendapat pengetahuan sepadan tentang teori penciptaan dan asal-usul. Dan teori evolusi salah satu yang terpenting. 

Sejak digagas 159 tahun lalu teori evolusi banyak menuai kritik, lebih karena bersinggungan dengan keyakinan agama. Uskup William Peley menyusun teori tentang keteraturan alam. Bahwa alam sudah diatur oleh Tuhan. Memang tak ada pernyataan langsung dari Darwin bahwa manusia berasal dari kera.

Primates sejenis ordo yang kemudian ber evolusi dan menjadi moyang manusia. Bagaimanapun teori Darwin tentang evolusi dan seleksi alam sangat memikat meski banyak kontroversi. Dan sebab itu layak menjadi bahan bincang pengetahuan dasar tentang teori asal usul.

Tiga agama besar: Yahudi, Nasrani dan Islam memiliki akar yang sama tentang penciptaan manusia. Ketiga agama berkeyakinan bahwa manusia berasal dari Nabi Adam dan Hawa. Adam diciptakan dari tanah liat yang ditiupkan Ruh Allah. Jadilah manusia makhkuk paling mulia dibanding seluruh makhkuk. Diberi pula pengetahuan berupa nama-nama, dengan-nya malaikat dan iblis di perintah sujud. Diangkatnya pula menjadi khalifah di muka bumi. Jadilah manusia makhkuk paling mulia diantara semua makhluk. 

Kelemahan satu-satunya adalah sulitnya dibuktikan secara ilmiah bahwa Adam adalah manusia pertama, pun dengan bahan dasar darimana Adam diciptakan. Maka tugas besarnya adalah menerangkan secara ke ilmuan bahwa logika kitab suci tentang teori kreasi layak diajarkan di sekolah.

Di tengah komunitas religius maka sudah waktunya teori evolusi Darwin di koreksi untuk tidak lagi diajarkan di sekolah-sekolah dimana anak-anak belum mampu mencerna teori evolusi. Yang menurut saya cenderung mengajarkan materialisme dan atheisme.

Konsep anti Tuhan sering berawal dari konsep-konsep yang kelihatan kecil tapi saya terkejut jika teori evolusi Darwin dan seleksi alam justru diajarkan dengan legal di sekolah-sekolah tanpa ilmu pendamping. Wallahu alam.

Penulis : @nurbaniyusuf Komunitas Padhang Makhsyar