Tak Banyak Yang Tau! Inilah Enam Air Terjun Yang Tersembunyi Di Bima
Cari Berita

Advertisement

Tak Banyak Yang Tau! Inilah Enam Air Terjun Yang Tersembunyi Di Bima

Senin, 08 Januari 2018

Air terjun Lampuru Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima.
Indikatorbima.com - Bima merupakan salah satu daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bima selain dikenal sebagai daerah yang kaya akan adat dan istiadatnya. Ternyata, Bima juga memiliki banyak tempat wisata Air Terjun yang eksotis dan menakjubkan.

Baca Juga : Inilah 8 Pesona Keindahan di Kecamatan Langgudu

Air Terjun sangat cocok dikunjungi bagi anda yang memiliki jiwa berpetualang, Air Terjun juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda dan menyenangkan. Objek wisata baru memang selalu di cari dan diburu untuk dikunjungi, terutama Air Terjun. nah di Bima terdapat banyak Air Terjun yang tersembunyi dan layak untuk anda kunjungi. Semakin tersembunyi semakin di cari karena yang tersembunyi memiliki panorama alam yang alami dan sangat nyaman bila berada di sekelilingnya.

Selain itu, Kealamian inilah yang mejadikan pengunjung banyak memburunya, sebagian orang beburu foto (Hunting) agar foto yang dihasilkan eksotis dan ciamik agar banyak orang suka akan hasil fotonya, Namun ada juga yang menikmatinya dengan berenang ataupun bersantai di tepi Air Terjun.

Tidak usah bingung mencari Air Terjun di Bima, Karena kami akan mengulas secara singkat enam Air Terjun yang ada di Bima. 

Berikut enam Air Terjun yang ada di Bima lengkap dengan alamatnya :

1. Air Terjun Lampuru
Air Terjun Lampuru
Air terjun Lampuru merupakan air terjun alami yang bertempat diwilayah Desa Campa, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima. Air terjun Lampuru merupakan satu-satunya air terjun yang ada di Kecamatan Madapangga.

Untuk sampai ke air terjun Lampuru, wisatawan harus menempuh jalan sejauh 5 km dari rumah warga sampai ke Oi Taba dengan mengendarai sepeda motor ataupun mobil. Kemudian wisatawan melanjutkan perjalanan kurang lebih 3 km dari oi taba ke air terjun lampuru dengan berjalan kaki.

Tentu akan sangat melelahkan menempuh jalan sejauh itu, tapi peryalahan, lelah itu akan terbayar ketika melihat keindahan panorama air terjun dan merasakan dinginnya cipratan air terjun di bebatuan. Suasana pegunungan air terjun Lampuru akan menjamu wisatawan untuk melepaskan kepenatan setelah menempuh perjalan jauh.

2. Air Terjun Kanduru
Air Terjun Kanduru
Air terjun kanduru merupakan air terjun alami yang berlokasi di Oi Mori Dusun Teta 1, Desa Teta , kecamatan Lambitu, Kabupaten bima. Dinamakan air terjun Kanduru karena bersusun tiga tahap sehingga dinamakan air terjun Kanduru. 

Untuk menujun ke air terjun Kanduru wisatawan harus menempuh perjalan sejauh 3 km. Mulai masuk Dusun Teta 1, Desa Teta bisa di tempuh dengan sepeda motor sejauh 2 km dan sisanya 1 km bisa di tempuh dengan jalan kaki di karenakan ada perkebunan masyarakat sehinga tidak bisa di tempuh dengan sepeda motor atau mobil. Panorama air terjun Kanduru memberikan keindahan tersendiri ketika menuju ke air terjun Kanduru.

Nuansa alam dengan pepohanan yang masih sejuk akan mendampingi perjalanan wisatawan ketika berkunjung ke air terjun Kanduru. Ketika sampai ke air terjun Kanduru kelelahan akan terbayar dengan dinginnya cipratan kepada tubuh disertai dengan sepoi-sepoi angin yang menghembus.

Air terjun kanduru ini memiliki 3 tempat di sebelah kanan lantai 1 air terjun tersebut sudah di sediakan jalan pintas untuk menuju ke atas lantai 2 dan 3 dan di atas lantai 3 ada kolam air alami untuk mandi atau berenang, Ketinggian air terjun lantai 1 sepanjang 7 m lantai 2 sepanjang 3,40 M. dan lantai 3 sepanjang 5,20 m.

3. Air Terjun Riamau
Air Terjun Riamau
Air terjun Riamau merupakan salah satu air terjun alami yang bertempat diwilayah Desa Riamau, Kecamaran Wawo, Kabupaten Bima.

Untuk sampai di air terjun Riamau wisatawan harus menempuh perjalanan lebih kurang 40 menit dari kota Bima menuju perbatasan antara desa Maria dan desa Pesa. Sementara dari desa Maria menuju desa Riamau kurang lebih 1 jam perjalanan. Terdapat sebuah pertiga jalan yang mengarah ke timur yakni jalan satu satunya menuju desa Riamau. Untuk sampai di perbatasan Riamau wisatawan bisa menggunakan kendaran roda empat dan dan roda dua.

Di sepanjang perjalanan nampak dari sisi kiri dan kanan jalan wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hijau peladangan jagung warga dan hemparan angin sejuk yg begitu alami jauh dari polusi. Kondisi dan ukuran jalur yang kecil dan menanjak mengharuskan wisatawan harus ekstra berhati hati dan mengurangi laju kendaraan.

Untuk sampai di tempat wisata (air terjun Riamau) dibutuhkan waktu sekitar lebih kurang 30 menit. Kemudian dari perbatasn Riamau pengunjung harus menempuh lokasi dengan jalan kaki. Dengan kondisi jalur yang menanjak menjadikan tantangan tersendiri bagi pengunjung, sepanjang perjalanan pengunjung akan menyusuri sungai yang airnya begitu alami dan dingin menembus sum-sum tulang.

Jalan setapak penuh bebatuan akan di hadapkan alam kepada pengunjung. Sesampai di air terjun begitu luar biasa pemandangannya. panorama alam yg tak biasa di rasakan menjadi pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

4. Air Terjun Oncu
Air Terjun Oncu
Air terjun Oncu merupakan air terjun yang masih alami yang berada di wilayah Dusun Londu, Desa Londu, Kecamatan Lambitu, Kabupaten Bima. Air terjun Oncu merupakan salah satu Destinasi Wisata Alam yang sangat luar biasa yang masih jarang di datangi oleh Wisatawan lokal. Tempatnya yang masih alami dan berada di Kecamatan Lambitu tentu menambah keunikan tersendiri bagi air terjun Oncu. 

Untuk sampai di air terjun Oncu wisatawan harus menempuh jalan sejauh 4 km dari rumah warga Desa Londu, Untuk ke air terjun jika menggunakan sepeda motor harus berhati hati yaa?? karna jalan masih berbatu yang akan membahayakan Wisatawan apabila ke air terjun londu. 

Waktu yang dapat di tempuh untuk sampai ke air terjun Oncu jika menggunakan sepeda motor 20 - 30 Menit . kalau dengan berjalan kaki dapat di tempuh dengan waktu 1 jam. Dalam perjalan menuju air terjun Oncu wisatawan akan di manjakan dengan Keindahan Alam , bukit-bukit, persawahan, dan ladang masyarakat Desa Londu , Kec lambitu. Uniknya kenapa di katakan air terjun oncu karna air terjun ini berbentuk seperti Lesung (Palung). yang tentu tidak hanya Wisatawan dapat menikmati liburan dengan selvie dan , wisatawan juga bisa menikmati birunya air terjun oncu yang masih alami.

5. Air Terjun La Peli
Air Terjun La Peli 
Air terjun la peli merupakan pesona alam yang indah yang berada di persawahan Ndasa Dusun Lengge Desa Sambori kecamatan lambitu.

Air terjun lapeli dengan ketinggian mencapai 10-11 meter ini memiliki keunikan tersendiri di Kecamatan Lambitu. Kalau kita ingin ke sana kita harus berjalan kaki sejauh 1 Jam perjalanan dan jalan yang masih Belum di aspal membuat wisatawan sulit jika menggunakan Sepeda motor, sepanjang perjalanan kita di suguhi dengan pemandangan yang menarik dengan persawahan yang hijau.

Tempat ini dihiasi batu besar tepat dibawah air terjun la peli sehingga membuat air terjun la peli memiliki keunikan tersendiri dari air terjun di Kab. Bima.

6. Air Terjun Oi Nca
Air Terjun Oi Nca
Air terjun Oi Nca merupakan air terjun alami yang bertempat di wilayah Desa Ntoke, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima.

Untuk sampai di air terjun Oi Nca wisatawan harus menempuh jalan sejauh 3 km dari rumah warga Desa Bala sampai dengan berjalan kaki. Tapi akan terbayar ketika melihat keindahan panorama air terjun dan merasakan dinginnya cipratan air terjun di bebatuan.

Itulah enam Air Terjun yang ada di Bima. Mungkin masih banyak lagi yang tersembunyi di alam raya Bima yang tidak kita ketahui. Yuk berkunjung dan temukan lebih banyak lagi Air Terjun lainnya. 

Baca Juga : Inilah Keindahan Delapan Belas Pantai di Bima 

Reporter : Tim Indikator Bima News