Peranan Semua Pihak, Wujudkan Kembali Budaya Lambitu
Cari Berita

Advertisement

Peranan Semua Pihak, Wujudkan Kembali Budaya Lambitu

Kamis, 04 Januari 2018

Foto : Pengurus Formal Malang
Indikatorbima.com - Forum Mahasiawa Lambitu Malang (FORMAL) mengharapkan peran pemerintah, masyarakat dan semua elemen ikut terlibat dalam melestarikan kembali budaya lokal di Kecamatan Lambitu, lebih-lebih peran para pemuda, 
Kamis (04/01/18). 

Mahasiswa FORMAL mengutarkan, sebagai manusia yang berbudaya maka tentu  kewajiban kita  melestarikan, merawat, dan melakukan sosialisasi  kembali bahwa  betapa pentingnya  budaya lokal yang diwariskan oleh nenek moyang terdahulu. 


Afril mahasiswa UMM asal Lambitu mengutarakan, bahwa Lambitu sangat kaya akan budaya lokal yang tentu peran seluruh elemen sangat diharapkan demi pelestarian kembali budaya lokal. 


"Kami berharap peran pemerintah, masyarakat, dan seluruh elemen ikut terlibat bahu membahu bekerja sama dalam melestarikan kembali budaya lokal di Kecamatan Lambitu," tambah Afril. 


Sementara itu, Ketua Umum FORMAL Wahjiansyah menyatakan bahwa, Lambitu sangat kaya akan budaya lokal, contohnya dalam bidang kesenian seperti Mpa'a Gantao, Mpa'a Manca, Mpa'a Lanca dan segala macam kearifan lokal masyarakat di Lambitu. Tentu menjadi tugas kita bersama untuk merawat dan melestarikan kembali kebudayaan masyarakat, yang sekarang ini sudah mulai luntur karena masuknya pengaruh budaya-budaya luar yang tidak sesuai dengan kepribadian masyarakat di Lambitu.


"Perhatian pemerintah kecamatan maupun pemerintah desa sejauh ini masih belum maksimal mewadahi pemuda-pemudi dalam melestarikan kembali  budaya lokal yang ada disetiap desa, misalkan dibentuknya  sanggar seni, sehingga khususnya pemuda dapat mengambil peran demi dilestarikanya  budaya lokal  di Kecamatan Lambitu ini," lanjutnya. 


"Pemuda jangan hanya diam, tetapi harus ambil peran dalam  segala hal demi pembangunan  Kecamatan Lambitu yang sangat kita banggakan", tutup Wahjiansyah.


Pewarta : Taufiqurrahman

Editor     : Ainul Basyirah