Lagi! Pemdes Sangiang Berikan Sejumlah Bantuan Kepada Masyarakat, Desa yang Lain?
Cari Berita

Advertisement

Lagi! Pemdes Sangiang Berikan Sejumlah Bantuan Kepada Masyarakat, Desa yang Lain?

Sabtu, 20 Januari 2018

Kepala Desa Sangiang (angkat tangan) bersama kepala dusun ketika akan membagikan bantuan alat pertukangan kepada masyarakat.
Indikatorbima.com - Untuk yang kesekian kalinya, pemerintah Desa Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, kembali mendistribusikan sejumlah bantuan kepada masyarakat. Kali ini pemdes mendistribusikan bantuan 13 unit alat pertukangan, 150 pis pukat/jaring ikan, dan 16 unit mesin ketinting dengan total nilai belanja secara keseluruhan 48.3 juta rupiah setelah dipotong PPN dan PPH. Sumber pembiayaan Dana Desa (DDS) Tahap II Desa Sangiang TA 2017, Sabtu (20/01/18).

"Jaring/Pukat 1 dan 1 seper empat (150 Pis), perahu ketinting 16 Unit. Alat pertukangan Bor, Sekap, Gerinda, profil (13 Unit)," ungkap Sekertaris Desa Sangiang, Nasrullah, S.Hut kepada Indikator Bima. 
Foto : penyerahan bantuan mesin ketinting kepada masyarakat dusun Tewo.
Nasrullah juga menjelaskan, bahwa masyarakat yang mendapatkan bantuan adalah masyarakat yang dinilai paling membutuhkan, seperti halnya nelayan yang memiliki perahu, tapi tidak punya mesin.

"Yang dapat mesin ketinting masyarakat nelayan yang punya sampan tapi belum ada mesin," terangnya.

Lebih lanjut Nasrullah mengatakan, bahwa pendistribusian bantuan kepada masyarakat tersebut dibagikan kepada masyarakat disetiap dusun.

"Pukat/jaring Untuk jaring masing-masing Dusun dapat 6 Pis kecuali Dusun Sarae yang dapat 8 Pis," katanya.
Pemberian bantuan pukat/jaring ikan kepada para nelayan.
Berikut nama-nama masyarakat yang mendapatkan bantuan mesin ketinting diberbagai dusun :

Dusun Lajoro (Nafrin, M. Hasan), Bronjong (Arasid dan H.M. Tayeb), Dusun Sarae (Asdan dan Ruslan), Tewo (Muhdar, Subrin, Tafrin, Umarlin, M.Saleh), Karombo (Samdan), Sangiang (Uganda), Lasinta (Beadin, Marjan, Jainudin).

Berikut nama-nama masyarakat yang mendapatkan bantuan alat pertukangan disetiap dusun :

Mulyadin dan Handi (Bronjong), Tamrin, Yurid, dan Oma (Lasinta), Abdul Baharu (Tewo), Sanusin (Karombo), Aswid, H. Dafrin dan H. Dulwahab (Sarae), Kalnun (Sangiang), H. HUjni (Lajoro), Baharudin dan Baso (Doroma).

pemerintah Desa Sangiang berharap, semua bantuan yang didedikasin untuk masyarakat nelayan, petani, tukang, dan pengrajin tenun tersebut, tepat sasaran dan masyarakat dapat menjaga, serta memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik dan benar.

"Bantuan ini kami dedikasikan untuk mereka masyarakat tani, nelayan, tukang, dan pengrajin tenun tradisional Desa Sangiang. Sehingga kami ingin pastikan semua bantuan harus tepat sasaran. Harapannya masyarakat bisa jaga dan memanfaatkan bantuan ini dengan baik. Program bantuan kami rencanakan bertahap dan terukur serta merata disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa," harap Nasrullah.

"Kami juga berharap partisipasi seluruh masyarakat dalam mengawal semua program Desa," tutupnya.

Baca Juga : Setelah 10 Bulan Terlantar, Korban Kebakaran Desa Sangiang Dapat Bantuan

Sebelumnya, pemerintah Desa Sangiang sudah mendistribusikan sejumlah bantuan berupa bahan material (semen, kawat, dan seng) kepada korban kebakaran, bantuan kepada para petani dan penenun berupa kawat gulung sebanyak 230 gulung dan Benang tenun sebanyak 220 bal.

Reporter : Amar El Real
Editor      : Fuad De Fu