Kemensos RI Butuh 20 Pendamping KAT, Gajinya Lumayan loh!
Cari Berita

Advertisement

Kemensos RI Butuh 20 Pendamping KAT, Gajinya Lumayan loh!

Rabu, 31 Januari 2018

foto : metrosumatera.com
Indikatorbima.com - Dilansir dari surat pengumuman panitia seleksi perekrutan pendamping sosial komunitas adat terpencil (KAT) profesional Kementerian Soaial Republik Indonesia tahun 2018 Nomor : 80/DYS-PKAT/01/2018. Dibutuhkan 20 orang untuk 20 Propinsi, masing-masing satu orang untuk satu Propinsi dengan Honor selama penugasan (8 bulan) sebesar Rp. 3.500.000/bulan dan Dana operasional lapangan sebesar Rp. 1.500.000/bulan. Batas waktu penerimaan berkas lamaran selama 7 (hari) sejak dikeluarkannya pengumuman (31/01/18) dari tanggal 1 Januari s.d 7 Februari 2018, panitia tidak menerima pengiriman diluar tanggal tersebut, Rabu (31/01/18).

Keberadaan Pendamping sosial KAT profesional di lokasi Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang secara geografis letaknya jauh dan relatif belum tersentuh oleh berbagai akses baik sosial, ekonomi maupun politik, cukup sentral dan penting dalam memberikan perubahan terhadap kondisi kehidupan warga KAT.


Pendamping Sosial KAT Profesional sebagai agen perubahan (agent of change) bukan saja berperan besar dalam menyampaikan beragam gagasan dan nilai-nilai “pembaharuan”, tetapi juga berperan menjadi role model dari perilaku-perilaku yang dipandang sesuai dengan “kemajuan”. dan juga berperan sebagai aktor yang menerima, menyaring, menterjemahkan, menginterpretasikan, mengintrodusir dan mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah terhadap kelompok tersebut ataupun sebagai mediator, baik antara masyarakat, ataupun dengan pemerintah atau pihak lainnya, juga sebagai problem solver atas permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan membangun jaringan dengan berbagai stake holder.


Pendamping Sosial KAT Profesional sebagai tumpuan utama bangsa untuk melakukan perubahan, mau bergerak dalam tindakan nyata yang bukan saja memiliki kepekaan, tapi juga memiliki kompetensi, pengetahuan, pengalaman, semangat juga karakter personal yang memadai untuk melakukan perubahan kondisi mental, sosial, kultur, ekonomi lama mereka sehingga kemudian mereka memiliki kondisi kehidupan yang “layak” seperti kehidupan masyarakat lainnya dapat terwujud.


Jika anda berminat untuk mengabdi pada bangsa dan negara, berikut syarat dan ketentuan pendaftarannya :


A. PERSYARATAN


a. Warga Negara Republik Indonesia;

b. Berusia setinggi-tingginya 30 tahun pada 01 Maret 2018;
c. Belum menikah;
d. Pendidikan Sarjana, Diploma IV/sederajat semua jurusan (diautamakan Jurusan Kesejahteraan Sosial), IPK minimal 2.75;
e. Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
f. Sehat jasmani, rohani, bukan pecandu narkoba serta tidak alergi terhadap makanan/cuaca tertentu;
g. Mendapat persetujuan dari Orang Tua/Wali;
h. Tidak dalam status tersangka kasus tindak pidana apapun oleh aparat penegak hukum;
i. Tidak memiliki afiliasi dan/atau menjadi anggota partai politik; j. Tidak terikat dengan pekerjaan tetap dan/atau tidak tetap lainnya.

B. TATA CARA PENDAFTARAN


1. Berkas lamaran ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Terbuka Pendamping Komunitas Adat Terpencil Tahun 2018, sebagai berikut :

a. Surat lamaran (ditulis tangan);
b. Pelamar mencantumkan lokasi penempatan sesuai dengan formasi yang tersedia;
c. Copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;
d. Copy Ijazah dan Transkrip nilai, minimal S-1 (Sarjana)/sederajat yang telah dilegalisir;
e. Daftar Riwayat Hidup (DRH).
f. Copy Sertifikat diklat atau pelatihan yang sesuai/berkaitan dengan pelaksanaan tugas pendampingan/pengabdian terhadap masyarakat;
g. Surat Pernyataan Persetujuan Orang Tua / Wali;
h. Surat Pernyataan Tidak Pernah menjalani hukuman pidana dan tidak memiliki afiliasi dan/atau anggota partai politik yang dibubuhi materai Rp. 6.000,
i. Pas photo terbaru berwarna ukuran 4x6 berlatar belakang merah sebanyak 6 (enam) lembar.

C. Mengirimkan berkas lamaran via Pos ke alamat :


1. Sumatera Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (B2P2KS) Padang, alamat: Jl. Alai No. 27 Kel. Kapalo Koto Kec. Pauh Kota Padang.

2. Kalimantan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (B2P2KS) Regional IV Kalimantan, alamat: Jl. Trikora Lingkar Selatan RT 32/RW5 Kel. Guntung Manggis Kec. Landasan Ulin Kota Banjarbaru.
3. Sulawesi dan NTT Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (B2P2KS) Makassar, alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 9 Kota Makassar.
4. Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (B2P2KS) Jayapura, alamat: Jl. Grilyawan No.135 Abepura Jayapura

D. Batas waktu penerimaan berkas lamaran selama 7 (hari) sejak dikeluarkannya pengumuman ini dari tanggal 1 Januari s.d 7 Februari 2018, panitia tidak menerima pengiriman diluar tanggal tersebut.


E. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi berkas akan diumumkan melalui website www.kemsos.go.id pada tanggal 12 Februari 2018, untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya yaitu Tes Kompetensi Dasar dan Wawancara yang dilaksanakan di B2P2KS dimana lamaran dikirimkan.


F. KETENTUAN LAIN-LAIN

1. Bagi peserta yang telah ditetapkan lulus seleksi tahap akhir diwajibkan menyerahkan :
a. Foto Copy NPWP
b. Foto Copy Buku Rekening BNI
c. Foto Copy Kartu BPJS/KIS
d. Surat Keterangan Sehat dan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah (6 bulan terakhir);
e. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres Setempat (asli dan masih berlaku).
f. Menandatangani kontrak kerja selama 8 bulan mulai April s.d Desember 2018 dan dapat diperpanjang tahun berikutnya jika menurut evaluasi baik dan program tersebut masih dilaksanakan.

2. Peserta yang telah ditetapkan lulus dan menandatangani kontrak kerja diwajibkan untuk tinggal terus menerus di lokasi penempatan (April s.d Desember 2018) dan tidak difasilitasi pulang ke tempat asal selama dalam penugasan.


3. Dokumen/berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;


4. Dalam seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun;


5. Seluruh biaya akomodasi, transport, kelengkapan administrasi, dan biaya pribadi yang dikeluarkan oleh peserta selama proses seleksi ditanggung oleh peserta;


6. Seluruh dokumen administrasi yang disampaikan menjadi hak milik dari Panitia Seleksi


7. Keputusan Panitia Seleksi Terbuka bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;


8. Apabila dikemudian hari diketahui pelamar memberikan data/keterangan tidak benar, maka Panitia Seleksi Terbuka berhak membatalkan hasil seleksi.


9. Informasi lebih lanjut mengenai Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil silahkan browsing dengan #komunitas adat terpencil.


Ayok segera daftar, tunggu apalagi? Hitung-hitung cari pengalaman dalam perantauan. 


Reporter : Brole

Editor      : Fuad De Fu