Keindahan 10 Taman Bunga ini, Bisa Jadi Inspirasi Pembanguna Kota Bima Ke Depan!
Cari Berita

Advertisement

Keindahan 10 Taman Bunga ini, Bisa Jadi Inspirasi Pembanguna Kota Bima Ke Depan!

Senin, 15 Januari 2018

Taman Bungkul Surabaya (foto : Kotawisataindonesia.com)
Indikatorbima.com - Sebenarnya Kota Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat juga punya taman. Tapi tak sebagus dan seindah 10 taman yang ada di berbagai Kota ini. Di Kota-kota lain, sebuah Taman atau kebun sangat dirawat dan ditata dengan baik oleh pemerintah kota setempat. Sehingga taman atau kebun tersebut dapat membuat pengunjungnya merasa nyaman dan bahagia.

Sebab sebuah taman atau kebun adalah tempat dimana manusia berekreasi, duduk atau jalan-jalan santai, mencari dan menikmati udara sejuk, rasa aman, nyaman, disertai dengan pemandangan yang indah. Seperti 10 taman bunga di berbagai kota di Indonesia yang berhasil dirangkum oleh Indikator Bima News berikut ini :

1. Wiasata Taman Bungkul Surabaya 
Taman Bungkul (foto : Kotawisataindonesia.com)
Taman bungkul adalah taman yang menyabet gelar sebagai "The Asian 2013 Townscape Sector Award" atau taman terbaik se-Asia dari PBB.

Taman bungkul ditata sedemikian rupa dengan banyak rumpun bunga. Pepohonan yang rindang, sarana olahraga plus berbagai fasilitas penunjang rekreasi lainnya.

Taman yang ada di Jalan Raya Darmo ini benar-banar di rawat dengan baik, salah satu bukti nyatanya dapat dilihat dari kebersihan taman. Tak nampak satu biji sampah pun di area taman yang membuatnya seolah-olah bukan taman di Indonesia. (kotawisataindonesia.com) 

2. Wisata Taman Bunga Nusantara Cianjur 
Taman Bunga Nusantara (foto : pantauharga.com).
Taman bunga seluas 35 hektar ini menyuguhkan pemandangan bak taman bunga di Eropa. Di dalam taman ini terdapat beragam, jenis tanaman bunga indah dengan mengambil gaya sembilan tema. Di antaranya : taman air, taman mawar, taman gaya Prancis, taman gaya Bali, serta taman rahasia (labirin). (pantauharga.com).

3. Wisata Taman Bunga Sakura Cibodas 
Taman Bunga Sakura (foto : ayopiknik.info).
Penasaran dengan penampakan bunga sakura di Indonesia? Datanglah ke taman seluas 6.647 meter persegi ini pada bulan Januari-Februari atau Juli-Agustus. Taman yang memang dibangun dengan konsep Jepang ini juga menawarkan tiket masuk yang relatif murah, hanya Rp 9.500 rupiah per pengunjungnya.

Taman Bunga Sakura ini letaknya juga relatif sangat dekat dari Taman Bunga Nusantara, sehingga Anda bisa mengunjunginya di hari yang sama. (ayopiknik.info)

4. Wisata Taman Bunga Selecta Batu  
Taman Bunga Selecta (Foto: Sindonews.com).
Kota wisata Batu menyimpan banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Selecta. Selecta adalah taman wisata yang memiliki banyak fasilitas. Salah satunya adalah keberadaan taman bunga yang indah.

Selecta memiliki berbagai koleksi bunga yang terhampar di pusat tempat wisata itu. Banyak pengunjung yang berfoto-foto disana sambil menikmati suasana dinginnya kota Batu. (Sindonews.com).

5. Wisata Taman Begonia Lembang Bandung
Taman Begonia Lembang (Foto:sindonews.com).
Salah satu Tempat Wisata di Lembang Bandung yang juga menyediakan sebuah taman bunga adalah Taman Begonia. Taman ini berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut sehingga pasti sangat sejuk. Ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan dan cukup lengkap sehingga wisatawan bisa melakukan kegiatan wisata dengan cukup mudah. Dan berbagai varietas bunga yang ditanam di sana dengan sangat rapi (sindonews.com).

6. Wisata Oro-oro Ombo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Malang
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Foto:tempatwisataunik.com).
Oro-oro Ombo - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Satu lagi taman bunga yang fenomenal di Indonesia, adalah Oro-oro Ombo di jalur pendakian Gunung Semeru. Jika ingin menuju ke sana, tentunya diperlukan kekuatan ekstra untuk mendaki gunung. Bunga ini mirip dengan lavender, namun ternyata bukan lavender. Bunga Verbena brasiliensis ini dulunya dibawa oleh penjajah Belanda yang ingin membuat penelitian di Semeru. (tempatwisataunik.com).

7. Wisata Kebun Bunga Gemitir Bali
Kebun Bunga Gemitir Bali (Foto:ndikhome.com). 
Siapa sih yang gak kenal dengan Gemitir? Ya, ladang taman atau garden bunga ini sering dijadikan sebagai tempat foto prewedding. Saking indahnya, hamparan bunga ini terkesan seperti ladang kemuning. Ya, Bunga yang di luar negeri disebut calendula atau marigold ini luas dibudidayakan di Bali.

Untuk alamat, kamu bisa mengunjungi salah satu ladang gemitir yang berderet di sepanjang jalan raya antara Bedugul dan Kintaman atau gardeni. (ndikhome.com)

8. Wisata Kota Bunga Tomoho Sulawesi Utara
Taman Bunga Tomoho (Foto:Sindonews.com).
Tempat bernama Kampung bunga Tomohon telah menjadi salah satu tempat wisata yang tak pernah sepi di kunjungi di Sulawesi Utara. Di taman atau garden tersebut ada banyak jenis bunga dan juga sering diadakan festival bunga tahunan yang bertaraf internasional yakni Tomohon Intenacional Flowers Festival. (Sindonews.com).

9. Wisata Taman Bunga cihideung Bandung  
Taman Bunga Cihideung (Foto:ayopiknik.info).
Taman Bunga Cihideung bisa menjadi alternatif jika Anda rindu akan hamparan bunga-bunga indah namun sedang berhemat, karena untuk melihat dan berfoto di taman bunga Cihideung, Anda tidak memerlukan tiket masuk alias gratis! Memang sebetulnya taman bunga Cihideung ini merupakan lokasi pembibitan berbagai macam bunga yang akan dijual. Maka dari itu, seluruh bunga yang ada sebetulnya bisa dibeli oleh pengunjung. Dari mulai bunga mawar berbagai warna, bunga matahari, hingga bunga-bunga cantik lainnya bisa Anda temukan di tempat ini. Letaknya pun tidak jauh dari pusat kota Bandung, tepatnya di sepanjang Jl. Parongpong. Selain bisa berfoto di tengah hamparan bunga. (ayopiknik.info)


10. Wisata Kebun Eka Karya Bedugul Bali 
Kebun Eka Karya Begudul (Foto: ayopiknik.info).
Kebun Eka Karya Bedugul terletak di Jl. Kebun Raya, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Taman yang sering juga disebut dengan Kebun Raya Bali.Di kebun Eka Karya Bedugul yang luasnya sekitar 157 hektar di ketinggian 1300 mdpl ini, pengunjung akan disajikan berbagai jenis tanaman seperti anggrek, paku-pakuan, kaktus, serta tanaman tradisional khas Bali. Terdapat juga jalur burung yang di sepanjangnya dikelilingi berbagai burung dengan suara menenangkan. (ayopiknik.info) 

Seperti yang kita ketahui, Kota Bima sendiri memiliki taman kecil dan mungil, serta sederhana Namanya taman Ria. Letaknya sangat berdekatan dengan pom bensin, dikelilingi oleh jalan raya tepat disamping kiri, kanan, depan dan belakang. Tentu banyak kendaraan yang lalu lalang dengan suara yang sangat bising. Bungan dan tanaman seolah tak ingin hidup di taman itu, terkena polusi, sampah, putung rokok, tumpahan kopi, dan lain-lain. Entah siapa yang punya ide menempatkan posisi taman di tengah jalan seperti itu.

Reporter : Siti Hajar
Editor      : Fuad De Fu