Kawal Sidang Praperadilan, ICI dan SMPJ Gelar Aksi Damai Minta Polsek Pajo Dicopot
Cari Berita

Advertisement

Kawal Sidang Praperadilan, ICI dan SMPJ Gelar Aksi Damai Minta Polsek Pajo Dicopot

Rabu, 24 Januari 2018

Foto : Suasana aksi damai ICI dan SMPJ di depan Kantor Penhadilan Negeri Dompu.
Indikatorbima.com - Dalam rangka mengawal sidang perdana praperadilan gugatan penetapan tersangka terhadap dua mahasiswa, M. Yusuf dan Syarifudin terkait kasus dugaan pengerusakan papan informasi Desa Jambu. Puluhan anggota Organisasi Swadaya Insan Cita Institute (ICI) dan Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Jambu (SMPJ) menggelar aksi damai di depan Kantor Pengadilan Negeri Dompu. Sedikitnya, dalam aksi tersebut ada tiga tuntutan, Salah satunya meminta Kapolsek Pajo di copot dari jabatannya, Rabu (24/01/18).

"Ada teman-teman yg aksi memberikan dkungan di depan Pengadilan Negeri Dompu," kata Abdullah, SH.,MH. Kuasa hukum M. Yusuf dan Syarifudin usai sidang praperadilan kepada Indikator Bima.

Baca : Mahasiswa Dompu Ditetapkan Sebagai Tersangka, Ketua IKPMD dan KIB Angkat Bicara

Aksi tersebut sedikitnya menuntut tiga hal, yaitu Penegakan supremasi hukum dan menuntut keadilan, pencopotan jabatan Kapolsek Pajo, seret dan adili oknum pungutan liar Kepala Desa Jambu. 

"Melakukan aksi damai dengan tuntutan agar Ketua Pengadilan Negeri Dompu membuat pernyataan sikap agar objektif dalam penanganan dan pemutusan perkara," kata Hamdi salah satu peserta aksi yang di kutip oleh Indikator Bima dalam kronologi Facebooknya @Hamdin Kingston.

Baca Juga : Ketika Mahasiswa Menggugat, Polsek Pajo Tidak Hadir di Sidang Perdana Praperadilan

Lanjut Hamdin, dirinya bersama pemuda Desa Jambu dan anggota yang lain akan tetap mengawal proses hukum yang di alami oleh kerabatnya tersebut.

"Kami akan terus melakukan pengawalan dengan cara yang sesuai dengan prosedur hukum. Kami akan terus melawan siapa saja yang terlibat dalam tindakan kriminalisasi ini, camkan itu," katanya.

Reporter : Syarif
Editor      : Fuad De Fu