Ekspedisi Karang Taruna Desa Nipa di Karombo Wera, Iwan : Sangat Puas!
Cari Berita

Advertisement

Ekspedisi Karang Taruna Desa Nipa di Karombo Wera, Iwan : Sangat Puas!

Kamis, 04 Januari 2018

Foto : Anggota Karang Taruna dan beberapa pemuda melakukan foto bersama ketika berada di dalam Karombo (Goa) Wera.
Indikatorbima.com - Pengurus Karang Taruna Muda Mandiri Desa Nipa Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, bersama pemuda desa lainnya melakukan Ekspedisi di Karombo (Goa) Wera yang bertempat di wilayah Desa Sangiang Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Ketua Karang Taruna Iwan Ariksandy mengaku sangat puas dengan ekspedisi tersebut. Pasalnya ia bersama kawan-kawannya berhasil masuk sampai ke dalam lubang-lubang yang terdalam sekalipun, Kamis (04/01/18).
Foto : Ketika akan menyalakan obor sebagai alat penerangan.
Iwan Ariksandy yang pada saat itu sedang asyik di ruang kerja, tiba-tiba diajak oleh pemuda setempat untuk melakukan ekspedisi ke Karombo Wera. Sebagai ketua Karang Taruna, Iwan Ariksandy merasa tidak enak untuk menolak ajakan tersebut. Tanpa berpikir panjang, Iwan langsung berkemas dan menyiapkan segala sesuatunya.

"Pukul 10.00 WIB pagi, sedang asyik diruang kerja. Tiba-tiba diculik oleh para punggawa ini. Sontak kaget, karena datangnya dengan muka sedikit seram dan nada mengancam. Jika tidak ikut ekspedisi kali ini bakal marah besar. Benar saja, akhir-akhir ini saya sadar memang sengaja sedikit acuh dengan mereka. Sejenak tanpa berfikir panjang lalu ambil sikap. Kemas-kemas barang, langsung molor dari tempat kerja. Rupanya mereka mengajak ke Karombo Wera," tulis Iwan Ariksandy pada akun Facebooknya @SanDhy Bimantara.

"Star jam 10.00 WIB Nyampe sekitar jam 11 : 30 WIB Jelajah goa hingga pukul 16.00 WIB sore," lanjut Iwan ketika di hubungi melalui Massenger.
Foto : bersantai/istrahat di depan pintu masuk Karombo Wera.
Lebih lanjut Iwan mengungkapkan alasan mengapa mereka memilih melakukan eskpedisi di Karombo Wera. Ia mengatakan, bahwa dirinya bersama pemuda desa sangat penasaran dengan misteri Karombo Wera. Selain memiliki nilai sejarah, Karombo Wera juga di yakini memiliki jalur khusus yang bisa tembus ke beberapa wilayah. Bahkan ke Makkah. Disamping itu, letak geografis Karombo Wera sangat eksotis, yaitu dekat dengan bibir pantai. Pintu masuk Karombo Wera persis menghadap ke Pulau Sangiang.

"Memiliki nilai sejarah. Sebagian orang Wera menganggap bahwa tempat ini, secara histori mengandung misteri. Dimana sebagaian beranggapan bahwa Goa ini bisa tembus juga hingga ke beberapa wilayah, bahkan ada yg meyakini hingga ke Makkah. Menurut beberapa penuturan yg melegenda secara spiritualnya," ungkapnya.

"Sisi lain, tempat ini eksotik. Sebab tempatnya persis pinggir laut yang menghadap ke arah gunung sangiang yang gagah berdiri didepan pintu Goa itu pula," lanjutnya.

Baca Juga : Misteri Karombo Wera, Tempat Persembunyian dan Jalur Rahasia "Bawah Laut" Menuju Pulau Sangiang
Foto bersama di dalam Karombo Wera.
Setelah masuk dan menjelajahi Karombo Wera. Iwan bersama kawan-kawannya mengaku sangat puas dengan ekspedisi yang mereka lakukan. Beberapa lubang/jalur yang ada di dalam Karombo Wera berhasil mereka taklukan.

"Tentunya merasa puas. Setidaknya dengam ekspedisi ini kita telah tuntas hingga kedalam lubang-lubang gua tersebut," tuturnya.

"Sisi lain, tidak semua orang punya kesempatan seperti kita," tambahnya.
Foto : Iwan Aksandy ketua Karang Taruna ketika bersemedi di dalam Karombo Wera.
Usai menikmati ekspedisi di dalam Karombo Wera, Iwan bersama kawan-kawannya berharap agar Karombo Wera dapat dijaga dan dijadikan sebagai salah satu tempat atau destinasi yang menarik. Bisa jadi, Karombo Wera dapat dijadikan sebagai Icon Wera.

"Sarannya dan usulnya, semoga kedepan akan ada pihak-pihak terkait yabg mau menjaga dan melestarikan tempt itu. Bisa jadi itu merupakn Destinasi yang bisa menarik pengunjung dari luar daerah, bahkan luar negeri," ucapnya.

"Jika ditata kelola dengan baik. Tentu itu akan menjadi sebuah Icon Wera. Setelah sebelumnya ada pulau ular," tutup Iwan Ariksandy.


Reporter : Amar El Real
Editor      : Muh. Ainul B