Perayaan Milad KOPA di Makassar Tampilkan Lima Jari
Cari Berita

Advertisement

Perayaan Milad KOPA di Makassar Tampilkan Lima Jari

Jumat, 01 Desember 2017

Foto bersama anggota Kopa usai pementasaan
Indikatorbima.com - Perayaan Milad Komunitas Of Pecinta Art (KOPA) yang ke-5 dengan tajuk "5 Tahun Kopa Berkarya Sebagai Harapan dan Jawaban Untuk Bima-Dompu" di Gedung LPTQ Jl. Talasalapang Kota Makassar (23/11), menampilkan 5 Jari atau yang dikenal dengan sebutan 5 divisi yaitu, sastra, teater, seni rupa, seni musik dan seni tari. Acara yang dirangkai dengan pengukuhan anggota baru tersebut berlangsung sangat meriah, Jum'at (01/12/17).

Pada acara yang menggunakan Sarung Nggoli (Tembe Nggoli) sebagai dekorasi panggung tersebut, anggota KOPA berhasil menampilkan beberapa kesenian khas Bima dan Dompu, yaitu penampilan Tari Wura Bongi Monca sebagai pembuka acara dan Tari Doro Sangiang Tari Wu'u Daha, kemudian musik bambu yang diiringi lagu Lopi Penge, Puisi tentang Mbojo, serta teater tentang Mbojo yang melupakan sejarah.
Dekorasi panggung menggunakan tembe nggoli
Salah satu anggota KOPA, Munir berharap semoga Kopa menjadi bentuk perwujudan kembalinya budaya Mbojo yang terkikis oleh zaman.

"Harapan saya, semoga KOPA dapat mewujudkan serta mengembalikan budaya Mbojo yang telah terkikis oleh perkembangan zaman," ujarnya.

"Hadirnya KOPA tidak lain dan tidak bukan untuk mengingatkan bahwa budaya Bima-Dompu selalu mengarahkan kita pada kebaikan," lanjutnya.
Penampilan Tari Wu'u Daha
Komunitas Of Pecinta Art (KOPA) merupakan perkumpulan mahasiswa Bima dan Dompu di Kota Makassar yang bergerak di Bidang seni. Komunitas tersebut dibentuk dengan misi mengembalikan dan melestarikan budaya masyarakat Bima dan Dompu di Kota Makassar.

Reporter : Amar El Real
Editor      : Misbah