Hebat! Tim Lengge Creative Sambori Ciptakan Miniatur Uma Lengge Dari Bambu
Cari Berita

Advertisement

Hebat! Tim Lengge Creative Sambori Ciptakan Miniatur Uma Lengge Dari Bambu

Senin, 25 Desember 2017

Foto : Miniatur Uma Lengge 
Indikatorbima.com - Kreativitas pemuda asal Dusun Lengge Rt11/Rw02 Desa Sambori, Kecamatan Lambitu, Kabupaten Bima ini Patut diacungi jempol. Pasalnya pemuda bersama tiga orang temannya ini berhasil menciptakan miniatur Uma Lengge (rumah lengge) dari bambu, 25/12/17).

Siapa yang tidak mengenal Rumah Lengge. Rumah tradisional Dou Donggo Ele (Pegunungan Timur) yang sudah hampir punah yang terletak di Desa Sambori, Kecamatan Lambitu, Kabupaten Bima ini ternyata berhasil di lestarikan kembali oleh Jumardin bersama tiga orang temannya (Adi, Alwi, dan Ibrahim) dengan membuat miniatur Uma Lengge.

"Awalnya saya berinisiatif membuat miniatur Rumah Lengge ini, karna saya berfikir untuk melestarikan  kembali budaya  Rumah Lengge dan menghidupkan kembali rumah lengge yang sudah hampir punah," kata Jumardin alumni mahasiswa jurusan Geografi UNMUH Mataram ini. 

"Disamping itu dapat  mendorong dan memberikan contoh kepada anak muda di sekitar, supaya mengasah kreatifitas yang di miliki dan membuka mata berwirausaha dengan kreatifitas yang kita miliki," lanjut Jumardin Pria 24 tahun ini.

Dengan menggunakan alat seadanya, seperti pisau, gergaji besi, dan amplas manual, serta bahan yang di gunakan seperti kayu, lem, bambu, daun ati, piber, dan rotan. Jumardin bersama teman-temannya mampu menghasilkan miniatur Uma Lengge masing-masing perorang sebanyak tiga unit.

"Dalam waktu sehari kami  dapat membuat tiga unit per orang, biasanya saya bersama teman teman mulai pengerjaanya  pagi pukul 08.00 sampai malam jam  20.00 WITA," ungkap Jumardin.

Lebih lanjut Jumardin mengungkapkan, bahwa ide pembuatan miniatur Uma Lengge tersebut berawal dari pemikirannya sendiri, namun salah seorang temannya mengusulkan untuk membentuk Tim Kreatif yang bernama Lengge Creative Sambori (LECRES).

"Awalnya saya pribadi yang punya ide membuat miniatur rumah lengge, dan ada salah satu  teman  yang mengajak saya untuk membuat Tim kreatif. Sehingga terbentuklah tim kreatif itu dengan nama Lengge Creative Sambori," tuturnya. 

Jumardin juga mengungkapkan, bahwa dirinya bersama tim kreatif Lengge Creative Sambori sudah menciptakan miniatur Uma Lengge sejak Agustus 2017 lalu sebanyak enam belas unit dengan berbagai ukuran.

"Kami sudah membuatnya sekitar awal bulan Agustus dengan miniatur rumah lengge sebanyak enam belas Unit, dengan kuran yang besar lima unit, Kecil lima unit, ukuran sedang enam unit," terangnya.

Diakui Junardin, dalam proses pembuatan Uma Lengge, terlebih pada proses menyusun bambu menjadi dasar Uma Lengge membutuhkan ketelitian dan kesabaran ekstra.


Reporter : Taufiqurrahman
Editor      : Muh. Ainul B