Hebat! Formasi Tampilkan Tiga Tarian Khas Masyarakat Bima di Kota Mataram
Cari Berita

Advertisement

Hebat! Formasi Tampilkan Tiga Tarian Khas Masyarakat Bima di Kota Mataram

Jumat, 01 Desember 2017

Foto bersama grup tari Muda usai tampil pada acara BDIP Kominfo
Indikatorbima.com - Forum Mahasiswa Sila (Formasi) Mataram melalui bidang bakat dan minat keanggotaan terus berupaya memperkenalkan kebudayaan Bima kepada masyarakat luas khususnya di Kota Mataram. Grup tari yang terdiri dari anggota Formasi telah banyak di undang dan hadir untuk menampilkan tarian khas masyarakat Bima, Jum'at (01/12/17).

Grup tari dari Formasi telah banyak menampilkan beberapa jenis tarian khas masyarakat Bima. Pada event perlombaan dan kegiatan-kegiatan formal, seperti hadir pada undangan pemerintah daerah Provinsi NTB maupun dari instansi-instansi pemerintah lainnya.
Grup tari dari Formasi pada saat menampilkan tari Wura Bongi Monca pada acara HUT NTB yang ke-59. 
Adapun kegiatan yang pernah diikuti oleh grup tari dari Formasi, yaitu kegiatan Inspirasi Expo dari Dinas Kominfo yang ditampilkan adalah Tari Muna dan Tari Wura Bongi Monca, kegiatan DBIP Nasional menampilkan Tari Muna, kemudian pada kegiatan Hari tari Daerah NTB yang diadakan oleh UNU menampilkan Tari Wura Bongi Monca, dan pada acara Festival Tari Tradisional di Taman Budaya Formasi menampilkan Tari Pata Angi.

Ella selaku pelatih tari sekaligus ketua bidang bakat dan minat keanggotaan mengatakan, bahwa kesenian tari masyarakat Bima harus tetap dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat luas.

"Kesenian Bima ini harus kita kembangkan terutama kesenian tari daerah kita, karna ini menjadi icon kesenian yang menjadi ciri khas Bima. Kita bangga dapat memperkanalkan tarian khas Bima agar semua masyarakat luas tahu bahwa Bima memiliki tarian khas daerahnya," ungkapnya.

Lebih lanjut Ella menyatakan harapannya, semoga Formasi kedepannya bisa mendirikan dan memiliki sanggar seni tari sendiri di Kota Mataram agar dapat berlatih dengan nyaman. Ia pun menyadari bahwa, hal itu hanya dapat diwujudkan apabila didukung oleh semua pihak, terutama pemerintah daerah maupun Pemerintah Pusat.

"Harapan saya semoga kami memilki sanggar seni tari sendiri agar kami bisa berlatih dengan nyaman dan kami mengharapkan suport dukungan baik itu dari pemerintah daerah dan pusat. Baik itu dari bentuk materil maupun moril, agar kami dapat berlatih dan mengembangkan kesenian tarian tradsional Bima," harapnya.
Foto bersama grup tari Pata Angi sebelum tampil pada kegiatan Lomba yang diselenggarakan oleh INKOBI.
Formasi Mataram merupakan paguyuban mahasiswa Bima yang ada di kota Mataram. Formasi adalah wadah silaturahmi dan pengembangan bakat dan minat mahasiswa Mataram yang berasal dari Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Reporter : Siti Hajar
Editor      : Misbah