Banjir Meluap Ke Desa Ncandi, Kondisi Sekolah MIS Monggo Memprihatinkan
Cari Berita

Advertisement

Banjir Meluap Ke Desa Ncandi, Kondisi Sekolah MIS Monggo Memprihatinkan

Kamis, 21 Desember 2017

Foto : Kondisi banjir di Desa Ncandi Kecamatan Madapangga (di dekat kantor Desa Ncandi).
Indikatorbima.com – Hujan deras masih mengguyur rumah warga di Desa Monggo dan banjir sempat meluap ke Desa Ncandi yang merupakan Desa tentangga saat ini. Meskipun banjir sudah lumayan surut, puluhan warga masih saja mengungsi, serta berharap pemerintah cepat menanggapi bencana banjir yang sudah menjadi tradisi setiap tahun di Kabupaten Bima tepatnya di Desa Monggo Kecamatan Madapangga, Kamis (21/12/2017).

Baca juga : Puluhan Rumah Warga Desa Monggo Terendam Banjir, Pemerintah Diminta Serius

Akibat banjir yang sangat besar sejak sore kemarin, buku dan data-data (arsip) penting sekolah, yaitu sekolah MIS Monggo sudah di seret oleh banjir, karena letak sekolah MIS Monggo yang sangat dekat dengan sungai (Sori Mpangi) tersebut. 

“Rumah polindes Desa Monggo bagian dapurnya roboh akibat arus banjir dan lebih-lebih MIS Monggo yang parah dan buku-buku belajar dan prabotan sekolah sudah rusak semua," ungkap Fitraturrahmi selaku guru pelajaran Bahasa Arab di MIS Monggo.
Foto : Halaman sekolah MIS Monggo
Lebih lanjut Fitraturrahmi mengatakan, bahwa etiap tahun hal tersebut sudah biasa di alami oleh guru dan siswa MIS Monggo dan SDN Monggo.

"Selain itu, tidak heran lagi jika setiap musim hujan MIS Monggo selalu terkena banjir dan sampai sekarang belum ada bantuan dan pemerintah,” katanya.

“Ya harapan saya selaku guru di MIS Monggo, semoga ada ulur tangan dari pemerintah supaya tidak terjadi banjir lagi dan aktifitas belajar tidak terganggu dan sekolah kami tidak terganggu lagi,” lanutnya.

Sementara itu menurut keterangan Rizal selaku pegawai di Dinas Sosial Kabupaten Bima, bahwa pemerintah desa Monggo dan Ncandi sudah menaungi masalah bencana banjir dan saat ini pemerintah sedang melakukan pendataan jumlah rumah yang terendam banjir.

“Harapan kita pada pemerintah terutama pemerintah desa, agar tanggap darurat untuk korban dan lebih besar harapan seluruh lapisan masyarakat Monggo dan Ncandi normalisasi, membuka dan meluruskan ujung sungai Raba Mpangi, sehingga kedepannya tidak terjadi lagi banjir seperti sekarang," tutur Rizal.

Selain itu banjir meluap ke Desa Ncandi Rt 10 Rw 03, hingga saat ini warga masih disibukan untuk membersihkan rumah dan mengumpulkan sisa perabotan dalam rumahnya yang sudah berantakan oleh banjir. Warga setempat juga kwatir adanya banjir susulan, menginggat hujan masih cukup deras.


Reporter : Misbah
Editor      : Siti Hajar