Sudah 2 Bulan Tower Mini Belum Juga Dibangun, Masyarakat Kaboro Darurat Signal
Cari Berita

Advertisement

Sudah 2 Bulan Tower Mini Belum Juga Dibangun, Masyarakat Kaboro Darurat Signal

Jumat, 17 November 2017

Ilustrasi (foto : Bambang Purnomo - blogger)
Indikatorbima.com - dua bulan sudah masyarakat Desa Kaboro Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima menunggu pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kominfo Kabupaten Bima untuk segera menindaklanjuti pembangunan tower mini sebagaimana yang direncanakan dua bulan yang lalu. Padahal pemerintah Desa dan masyarakat sangat membutuhkan tower mini tersebut. Jum'at, (17/11/17).

Sudah dua bulan masyarakat Desa Kaboro kecamatan Lambitu Kabupaten Bima menunggu janji pemerintah daerah setempat. Pasalnya tower mini yang di janjikan dua bulan yang lalu tidak kunjung ditindaklanjuti.

Kondisi perkembangan informasi dan komunikasi masyarakat Desa Kaboro masih sangat memprihatikan. Sejak Desa Kaboro terbentuk hingga saat ini belum juga memiliki akses jaringan sebagaimana Desa yang lainnya. Tidak jarang masyarakat harus mendaki puncak gunung hanya untuk mendapatkan signal/jaringan.

Kepala Desa Kaboro Rudi Hartono, SH mengatakan, bahwa pihaknya sudah menunggu sejak dua bulan yang lalu. Ia juga mengatakan sampai dengan hari ini belum ada informasi apapun dari Dinas Kominfo Kabupaten Bima.

"kami sudah menunggu dua bulan pembangunan tower mini di Desa Kaboro, Dinas kominfo kabupaten juga sampai sekarang tidak ada informasi tindak lanjut kapan tower mini akan di bangun" ujarnya.
"Masyarakat Desa Kaboro sangat menunggu adanya pembangunan tower mini tersebut" tambahnya.

Sementara sekretaris Desa Kaboro Rahmin Usman, SH menyatakan, bahwa pihaknya sangat kesulitan dalam hal memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, hal itu disebabkan oleh sulitnya akses informasi dan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat desa.

"tidak tersedianya signal/jaringan selama ini sangat menghambat pelayanan publik terhadap masyarakat Desa" ungkapnya. 

"Kami sangat berharap peran serta seluruh komponen utamanya sehingga adanya jawaban melalui Dinas Kominfo Kabupaten Bima untuk mendorong kerjasama dengan operator Telekomunikasi untuk membangun jaringan telkom di Desa Kaboro " tutupnya.

Diketahui, Pemerintah Propinsi NTB dan seluruh Pemerintah Kabupaten se- NTB telah mendeklarasikan Desa Benderang Informasi Publik berdasarkan amanat UU No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

Masyarakat tidak akan dapat mewujudkan deklarasi tersebut tanpa adanya signal/jaringan yang memadai. Aneh memang, masyarakat diminta untuk berperan dan berpartisipasi aktif, tapi masyarakat tidak diberikan akses yang cukup untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik yang dimaksud.

Reporter : Taufiqurrahman
Editor      : Fuad D Fu