Puncak Kemeriahan Pentas Seni Spesial HUT Fakfak dan IPMAFA Malang
Cari Berita

Advertisement

Puncak Kemeriahan Pentas Seni Spesial HUT Fakfak dan IPMAFA Malang

Rabu, 22 November 2017

Tarian daerah Fakfak pada acara peringatan hari ulang tahun Fakfak.
Indikatorbima.com - Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Fakfak (IPMAFA-Malang) sukses melaksanakan tiga rangkaian kegiatan, yaitu Bakti Sosial, Seminar dan Pentas Seni. Kegiatan besar yang dimulai sejak Senin-Selasa, 19 - 21 November 2017, di gedung Kesenian Gajayana dalam rangka memperingati HUT Kota Fakfak yang ke 117 dan juga bertepatan dengan Milad IPMAFA ke 23 tahun. Berbagai Organisasi kemahasiswaan pun turut meriahkan acara tersebut. Selasa, (22/11/17).

IPMAFA berhasil menampilkan berbagai macam tarian budaya yang diperagakan oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai organisasi baik organisasi daerah, organisasi ekstra hingga komunitas mahasiswa.

"Kami sangat berterima kasih atas partisipasi dari saudara-saudara kita dan beberapa organisasi lain." ungkap Kamarudin Turua selaku ketua pelaksana. 

"Tujuan kegiatan ini selaras dengan empat kata terakhir pada tema pensi, yakni "Satu Tungku Tiga Batu" yang membudaya oleh masyarakat kota Fakfak Provinsi Papua Barat memiliki peran penting dalam menjawab realitas Indonesia yang dikenal plural dari sabang sampai Merauke." Lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Umum IPMAFA, Nur Ahmad Rifay Hindom mwngatakan, bahwa Indonesia harus tetap menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan kebhinekaan sebagai upaya dalam menjawab tantangan zaman.

"Budayalah adalah seni keberagaman, hasil keatifitas manusia atas campur tangan Tuhan. Tolerasi dan kebhinekaan harus di junjung tinggi, agar menyatukan kita menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dalam menjawab tantangan zaman." Katanya.

Lebih lanjut, Rifay menyampaikan ucapan terimaksih kepada semua pihak. Sebab, karna partisipasi dan kerjasama yang baik dari semua pihak, acara tersebut dapat berjalan dengan sukses.

"Suksesnya ketiga rangkaian kegiatan ini tentu karena campur tangan pihak-pihak lain. Untaian rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah kota Fakfak, alumni IPMAFA hingga seluruh elemen mahasiswa berkat sumbangsi do'a dan dukungan sampai suksesnya acara kami hingga akhir." ujarnya.

Beberapa tarian daerah yang ditampilkan, diantaranya Tarian sawat dari Fakfak dan tarian Pana dari Suku Kei, Maluku Tenggara.

Hadir dalam acara tersebut, IMKT Malang (Lombok Barat), Tahuri Art (Maluku), Formit (Forum Mahasiswa Timur Unisma), Sanggar Seni Hammas Malang (Maluku Tengah), Ikammi Makassar, dan HMI Komisariat Isip UMM, FINE Malang (Maluku Tenggara).

Reporter : Amar Ma'ruf
Editor      : Muh. Ainul B