Pesan Dari Orang Tua, Bikin 10 Mahasiswa ini Ingin Hidup 1000 Tahun lagi!
Cari Berita

Advertisement

Pesan Dari Orang Tua, Bikin 10 Mahasiswa ini Ingin Hidup 1000 Tahun lagi!

Selasa, 07 November 2017

Ilustrasi : Doa seorang ibu ( Foto : Abufahry's - WordPress.com)
Indikatorbima.com - Setiap mahasiswa yang merantau pasti mendapatkan pesan-pesan khusus dari orang tuanya. Baik pesan dari ibu maupu bapak atau bahkan keduanya. Pesan-pesan tersebut menjadi sumber semangat dan kekuatan tersendiri untuk selalu di ingat saat berada di tanah rantauan.

Pesan-pesan itu tiada terlupakan. Sebuah pesan yang hadir dan tumbuh dari nurani orang tua. tiada hentinya mereka berdoa untuk anak-anaknya yang berada jauh diperantuan sana.

Seperti pesan orang tua untuk 10 mahasiswa ini. Sebelum mereka berangkat merantau untuk belajar dan menuntut ilmu, sebuah pesan terbaik berbisik pada telinga mereka agar tetap semangat ketia berada di tanah rantauan. Berikut pesan-pesan terbaik versi mahasiswa/perantau :

1. Jangan malas, jangan boros, jangan nakal.

"belajarlah yang giat, jangan malas, suka boros, jangan nakal di perantauan. tetaplah menjadi orang yang sabar. Jangan lupa sholat dan berdoa, sebab yang menjadikan engkau kuat dan selalu menjadi yang terbaik, adalah engkau dengan sang pencipata (Allah). Untuk anakku M. Kardianto.

2. Jangan pacaran dulu, Jaga nama baik bapak.

"Jangan pacaran dulu. nanti kalau pacaran takutnya nggak bisa kontrol, nanti nggak lulus kuliah, Jaga nama baik orang tua, kuliah yang semangat, IP gak boleh turun. Rina sudah hidup enak nggak sama seperti di zaman bapak dulu, bapak nggak mau Rina hidup susah nanti, bapak itu guru jangan rusak nama baik bapak" untuk anakku Rina Zakiyah.

3. Bantu ibu dan bapak untuk adik-adik, Nggak Boleh Sombong.

"Eka sekarang sudah besar, harus bisa jaga diri dan semangat kuliahnya. Eka anak pertama, jadi bantu ayah dan ibu buat adik-adik. Optimis dalam belajar, ingat usaha tidak ada yang sia-sia, suatu keberhasilan pasti ada waktunya yang penting usaha! Eka nggak boleh sombong, harus selalu bilang terima kasih dan maaf. tetap semangat kuliahnya" untuk anakku Eka.

4. Fokus kuliah, cari ilmu bukan cari istri. 

"Berangkat sendiri harus pulang sendiri. Jangan berangkat sendiri pulang berdua atau bertiga. fokus sama kuliah sampai selesai, fokus mencari ilmu. Bukan cari pacar ataupun istri. Sebelum kelar kuliah" untuk anakku Tri Sutrisno.

5. Do'a ibu menyertaimu nak.

"anakku aku tidak bisa memberimu apa-apa, hanya doa yang bisa ibu berikan kepadamu, yang sabar dan tabah ya anakku karena ibu tidak bisa membantumu memberikan materi untuk membantu kau mengejar cita-citamu, ibu tak lagi punya ayahmu yang bisa membantu ibu buat mencari nafkah, maafkan ibu ya nak, pesan ibu jangan lagi mabuk-mabukan nak, fokus ke depan tatalah hidup yang lebih indah, dan aku ridho padamu nak" untuk anakku Ginanjar.

6. Selesaikan kuliahmu, berani memulai berani mengkhiri.

"Selesaikan kulihamu. Jadilah laki-laki yang bertanggung jawab. Apa yang kau mulai, itu adalah apa yang harus kau selesaikan" untukmu anakku Raden Putra.

7. Bukan hanya untuk ijazah tapi ilmu, jadilah pemberani.

"kuliah yang benar, serius dan jadilah orang yang berani dan memanfaatkan semua kesempatan dengan baik, bukan untuk ijazah tapi ilmu. yang paling utama adalah jadilah orang yang memiliki rasa takut dan malu untuk berbuat yang tidak baik" untuk anakku Jaitun.

8. Jadilah orang yang sukses, hati-hati dirantauan.

"Jaga diri ya nak, jangan nakal di rantauan, jangan lupa sholat dan berdo'a agar kamu jadi orang yang sukses, jangan bawa kebiasa'anmu di kampung, belajar yang giat, kuliah yang rajin. berwibawalah dengan siapapun, jangan pernah menyakiti hati temanmu. lawanlah mental Block jangan minder, hati-hati di Rantauan" untuk anakku Arifudin.

9. Jangan tinggalkan shalat, kalau main ngerti waktu.

"Belajar yang Giat, jangan pacaran terus, jangan bermalas malasan Jangan lupa selalu beribadah sholat itu wajib nduk, jangan sampai tinggalkan sholat Kalau mau main-main ngerti waktu jangan sampe keterlaluan. Ibu ayah disini selalu mendoakan kamu nak putriku Oppy semoga kamu sukses lulus tepat waktu Jangan lupa selalu bersyukur Selalu ingat Allah" Untuk anakku Oppy.

10. Hidup itu harus punya prinsip.

"Hidup itu harus punya prinsip, dan kamu harus cepat kembali disini. Jangan pernah tinggalkan sholat, sempatkan untuk sholat Dhuha sama tahajud, biar hidupmu tenang, serta dimudahkan segala urusanmu. Jangan sering jalan-jalan, jangan boros, jangan telat makan. Kalau kemana-mana harus hati-hati" untuk anakku Nur Annisa. 

Itulah 10 pesan dari orang tua untuk 10 mahasiswa (anaknya) semoga doa orang tua mereka dikabulkan oleh Allah swt, dan semoga mahasiswa-mahasiswa tersebut selalu ingat pesan-pesan orang tuanya. tetap semangat dan teruslah berjuang! 

Reporter : Furkan