Peringati Milad Fakfak ke 177, IPMAFA Malang Gelar Pentas Seni Budaya
Cari Berita

Advertisement

Peringati Milad Fakfak ke 177, IPMAFA Malang Gelar Pentas Seni Budaya

Senin, 20 November 2017

Poster Kegiatam
Indikatorbima.com - Dalam rangka menyambut milad Kabupaten Fakfak ke 177 tahun yang juga bertepatan dengan Milad Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Fakfak (IPMAFA) Malang ke 23. Pengurus IPMAFA akan menggelar tiga rangkaian kegiatan spesial dengan tajuk "Membangun Integritas Kaum Intelektual dalam Asa Kesejahteraan Satu Tungku Tiga Batu" pada tanggal 21 November 2017 di Gedung graha gajayana. Tiga acara spesial yang dimaksud, yaitu bakti sosial, Seminar dan Pentas Seni. Senin, (20/11/17).

Ketua Umum IPMAFA Malang, Nur Ahmad Rifay Hindom mengatakan, mahasiswa yang dikenal sebagai kaum intelektual, sudah seharusnya mampu mengimplementasikan segala kemampuan yang dimiliki guna merebut kesejahteraan. 

"Sebagaimana Indonesia yg dikenal pluralis, perbedaan selalu menjadi permasalahan jika kita berkata bila melihat realitas di negeri ini, satu tungku tiga batu adalah moto yang di percaya sebagai budaya oleh masyarakat di kabupaten Fakfak provinsi Papua Barat miliki makna penting" katanya.

Menurut Rifay, budaya satu tungku tiga batu merupakan budaya yang sangat berharga yang dapat menyatukan, menghargai, dan mengormati segala perbedaan yang ada.

"Dalam implementasinya, realitas masyarakat pada kabupaten ini kita akan temukan satu hal yang langka yang berbeda dengan daerah lainnya, yakni dalam satu rumah terdapat tiga kepala keluarga yang berbeda agama. Ada Kristen, Katolik dan Islam". terangnya

"Itulah maksud dari Satu Tungku Tiga Batu, sehingga hal ini sangat menggambarkan satu budaya saling menghargai sesama manusia, walau pada dasar berbeda keyakinan namun bukan menjadi persoalan oleh masyarakat di daerah ini". Lanjut mahasiswa Brawijaya ini.

Akan hadir berbagai Orda mahasiswa pada acara tersebut, seperti IMKT, Lombok Barat, Tahuri Art (Maluku), Formit (Forum Mahasiswa Timur Unisma), IPMAFA, Sanggar Seni Hammas Malang (Maluku Tengah), Ikammi Makassar, HMI Komisariat Isip UMM dan FINE Malang (Maluku Tenggara).


Reporter : Furkan