Luar Biasa! Potensi Sumber Daya Ikan di Teluk Cempi di Ekspor Puluhan Ton
Cari Berita

Advertisement

Luar Biasa! Potensi Sumber Daya Ikan di Teluk Cempi di Ekspor Puluhan Ton

Senin, 20 November 2017

Kondisi Komoditas Unggulan yang sedang dibungkus.
Indikatorbima.com - Teluk Cempi secara geografis terletak di Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat. Memiliki garis pantai yang cukup panjang sekitar 87,4 Km dengan luas laut 1.074 Ha. Dengan luas kawasan tersebut, Teluk Cempi menyimpan Sumber Daya Alam khususnya Sumber Daya Ikan yang cukup besar. Berdasarkan hasil pengawasan lalulintas Wilker KIPM Dompu, terdapat Komoditas unggulan seperti, Lobster, kepiting bakau, rajungan, jenis ikan ekonomis penting seperti ikan kerapu, layur, cakalang, tenggiri, tongkol dan lain-lain. Senin, (20/11/17).

Wilayah Kerja Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kabupaten Dompu, dibawah naungan BKIPM Bima, Kementerian Kelautan dan Perikanan sesuai tugas dan fungsinya telah melakukan pengawasan terhadap lalulintas komoditas hasil perikanan di Kabupaten Dompu khususnya ikan hasil tangkapan dari Teluk Cempi.

Musabir, Pjb Wilker KIPM Dompu, menuturkan, bahwa berdasarkan data pengawasan lalulintas Wilker KIPM Dompu tercatat sekitar 10 komoditas unggulan yang biasa ditangkap di Teluk Cempi Kabupaten Dompu.

“Berdasarkan data lalulintas Wilker KIPM Dompu tercatat bahwa komoditas unggulan yang ditangkap di Teluk Cempi, antara lain ; lobster, kepiting bakau, rajungan, jenis ikan ekonomis penting seperti ikan kerapu, layur, cakalang, tenggiri, tongkol dan lain-lain." tururnya.

Sementara itu, terkait hasil tangkap di perairan Teluk Cempi pada bulan Oktober 2017, tercatat jumlah/volume jenis ikan berkualitas ekspor yang terdiri dari, daging rajungan sebanyak 3380 Kg, lobster 488 Ekor, dan tongkol mencapai 20 Ton, serta rumput laut jenis Sargassum sejumlah 40 Ton. Kesemuanya akan dikeluarkan/dilalintaskan dari BKIPM Bima melalui Wilker KIPM Dompu menuju Area Mataram, Dempasar, dan Surabaya.

"ditangkap di perairan laut Teluk Cempi dan dikeluarkan/dilalulintaskan melalui Wilker KIPM Dompu dengan area tujuan Mataram, Denpasar dan Surabaya" ungkapnya.

Lebih lanjut Musabir menjelaskan, bahwa
Wilker KIPM Dompu turut berperan serta dalam menjaga kelestarian sumber daya ikan tersebut melalui pengawasan pengeluaran hasil komoditas perikanan hasil tangkapan dari perairan laut Teluk Cempi dan perairan laut maupun perairan lain di wilayah Kabupaten Dompu, serta berperan aktif dalam melakukan sosialisasi, pembinaan, dan koordinasi serta kerjasama dengan instansi pemerintah setempat.

"terkait tentang jenis ikan yang dilarang, dibatasi dan dilindungi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta pembinaan dalam rangka pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan melalui Cara Penanganan Ikan Yang Baik (CPIB). jelasnya.

"potensi Sumber Daya Ikan yang cukup besar tersebut merupakan tabungan kekayaan perikanan masyarakat Kabupaten Dompu khususnya nelayan disekitar perairan laut Teluk Cempi yang patut untuk terus dijaga kelestariannya untuk masa depan." tutupnya.

Reporter : Furkan
Editor      : Fuad D Fu