Kita Semua Pahalawan, Tapi Pahlawan yang Bagaimana?
Cari Berita

Advertisement

Kita Semua Pahalawan, Tapi Pahlawan yang Bagaimana?

Sabtu, 11 November 2017

Gambar pahlawan (foto : Wikipedia)
Ada yang mengatakan pahlawan itu orang yang memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Dimana orang itu merupakan orang yang sudah mengorbankan seluruh jiwa raganya, harta, dan semua yang ada pada dirinya dan Itulah yang dimanakan pahlawan.

Seseorang yang dinobatkan berjasa, gugur atau wafat dalam medang perang itu juga dinobatkan sebagai pahlawan. Tapi sadarkah kita memaknai kata Pahlawan itu jelas berbeda-beda dalam kepala dan setiap diri kita. Contohnya seperti guru, orang tua, anak, tentara, dokter dan rekan medis lainnya :

1. Guru mengatakan, saya adalah pahlawan. Tanpa saya muridku mana mungkin tahu yang namanya menulis, membaca, ilmu pengetahuan ini dan itu.

2. Orang tua, Mengatakan, pahlawan itu adalah kami. Kami yang membesarkan anak-anak sejak dia dari rahim hingga dia menjadi dewasa. Maka, dari hasil didikan, asuhan dan kasih sayang kami, maka lahirlah pahlawan-pahlawan tersebut.

3. Seorang anak mengatakan, aku adalah pahlawan bagi ibu bapakku, bagi adik dan saudara-saudaraku. Aku sebagai pelindung mereka, aku sebagai harapan mereka dan aku pula yang membesarkan nama mereka serta aku harus jadi anak yang berguna.

4. Tentara Nasional Indonesia (TNI)  mengatakan, Pahlawan itu adalah kami, kami yang setia menjaga, merawat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Dengan perjuangan dan kegigihan kami lah NKRI ini masih terjaga. 5. Dokter dan tenaga medis lainya juga mengatakan, Kami adalah pahlawan, karena kami selalu merawat, melayani masyarakat yang sakit, mencegah penyakit dan mengadakan sosialisasi untuk mengajak masyarakat untuk hidup sehat.

Masih banyak Pahlawan versi pahlawan lainnya. Oleh sebab itu kita semua adalah pahlawan, tapi pahlawan yang bagaimana?

Bung Karno pernah mengatakan bahwa, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya."

Penulis : Tris Sutrisno
Editor   : Fuad D Fu