Kebijakan Kominfo Terkait Registrasi Sim Card Tidaklah Tepat
Cari Berita

Advertisement

Kebijakan Kominfo Terkait Registrasi Sim Card Tidaklah Tepat

Kamis, 02 November 2017

Ilustrasi Sim Card
Kebijakan Pemerintah dalam hal ini Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) tentang registrasi dan registrasi ulang sim card bagi setiap pengguna sim card dengan menggunakan Nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KTP) merupakan kebijakan yang terlebih dahulu perlu diuji secara publik. Tentu kebijakan tersebut menimbulkan banyak pertanyaan-pertanyaan dari berbagai pihak.

Pro dan kontra dalam suatu masalah itu sudah lumrah, namun dalam segi pandang saya, ini adalah masalah yang besar yang menitik beratkan kesulitan kepada masyarakat-masyarakat yang tidak berpendidikam atau buta aksara (huruf). Memang sudah sepatutnnya pemerintah mengambil keputusan itu, guna untuk memajukan dan mengikuti poster perkembangan teknologi di berbagai negara maju, namun Pemerintah juga harus berpikir bahwa indonesia masih dalam tahap negara berkembang, masih banyak daerah yang minim akan pendidikan serta gagap teknologi.

Tentulah kebijakan pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan registrasi ulang sim card bukanlah satu-satunya cara untuk memajukan sebuah bangsa, masih banyak yang perlu di kembangkan, baik di bidang pendidikan, ekonomi maupun teknologi itu sendiri.

Hemat penulis, majukanlah SDM dan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah tertinggal, maka dalam menjalankan aturan tersebut tidak lagi berjalan pincang, Karena faktor-faktor pendukungnnya telah terpenuhi. Terlebih kepada tujuan pemerintah untuk meminimalisir penipuan dalam bentuk hadiah yang di hibahkan kepada pelanggan operator yang marak terjadi.

Berangkat dari itu semua, maka pembobolan bank akan semakin merajalela, bukan tidak mungkin Bank-Bank lain akan mengalami masalah seperti di tahun 2016 Bank BRI terjadi pembekuan uang, yang mengacu kepada pembobolan (hacker) al hasil uang tabungan para pelanggan tidak sesuai dengan data yg ada di Bank BRI. Tentulah ini bukan suatu masalah yang kecil, di tambah lagi oleh Kasus di Hackernya data telkomsel yang viral di medsos pada awal tahun 2017.

Dari kejadian-kejadian di atas, penulis berpendapat, bahwa pemberlakuan kebijakan untuk meregistrasi si card lebih banyak sisi negatifnya dari pada sisi positifnya. Karena memang SDM Indonesia Belum cukup untuk di berlakukan Aturan seperti itu.

Penulis : Ginanjar