Mahasiswa Deklarasikan Bima dan Dompu Anti Kriminalitas
Cari Berita

Advertisement

Mahasiswa Deklarasikan Bima dan Dompu Anti Kriminalitas

Senin, 13 November 2017

Pembacaan deklarasi oleh Muh. Ainul Basyirah yang diikuti oleh peserta Sarasehan Mahasiswa Bima dan Dompu - Malang.
Indikatorbima.com - pada acara diskusi bulanan Sarasehan Mahasiswa Bima dan Dompu-Malang yang diselenggarakan oleh Komunitas Indikator Bima, Kompas Malang, dan Formal Malang pada hari Minggu (13/11) di Kedai Kopi Labama Jl. Raya Sengkaling No. 154, Mulyoagung, kec. Dau Malang. Puluhan Orda Mahasiswa Bima dan Dompu yang berada di kota Malang melakukan deklarasi Bima dan Dompu anti kriminalitas. Isi deklarasi tersebut terdapat delapan poin. Senin, (13/11/17).

Berikut isi Deklarasi Bima dan Dompu Anti Kriminalitas :

Kami mahasiswa Bima dan Dompu di kota Malang, dengan ini menyeruhkan kepada seluruh mahasiswa Bima dan Dompu dimanapun berada, kepada pemerintah, kepada masyarakat, kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta kepada para pelajar Bima dan Dompu untuk :

1. Menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2. Menghormati, menjaga, melindungi, dan merawat, serta memberikan pemenuhan hak asasi manusia kepada masyarakat Bima dan Dompu.

3. Menjaga perdamaian, persaudaraan, kerukunan, dan persatuan masyarakat Bima dan Dompu dimanapun berada.

4. Mengedepankan sikap saling menghormati antara sesama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

5. Mengedepankan sikap toleransi, memaafkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam menyelesaikan suatu permasalahan masyarakat Bima dan Dompu.

6. Mengembalikan peran dan fungsi tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemudan dan tokoh keluarga dalam kehidupan masyarakat Bima dan Dompu.

7. Mengedepankan nilai-nilai agama, serta sikap demokratis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

8. Menegakkan supremasi hukum dalam kehidupan masyarakat Bima dan Dompu dengan memberikan kepercayaan kepada aparatur penegak hukum untuk bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam melayani, melindungi, dan mengayomi masyarakat Bima dan Dompu.

Demikianlah deklarasi kami mahasiswa Bima dan Dompu di kota Malang kepada seluruh lapisan masyarakat Bima dan Dompu dalam rangka mewujudkan kehidupan-kehidupan masyarakat Bima dan Dompu yang damai, sejahtera, adil dan makmur, serta anti terhadap tindakan kriminalitas dalam bentuk apapun. 

Deklarasi tersebut, di bacakan langsung oleh Muh. Ainul Basyirah ketua Divisi Humas Komunitas Indikator Bima, yang diikuti oleh seluruh peserta, yang disaksikan oleh puluhan Orda mahasiswa Bima dan Dompu, kemudian diakhiri dengan penandatanganan deklarasi Bima dan Dompu anti kriminal bersama masing-masing perwakilan dari tiap Orda. 
Penandatangan deklarasi oleh masing-masing perwakilan Orda Mahasiswa Bima dan Dompu.
Sarasehan mahasiswa Bima dan Dompu - Malang dengan tema "Membangun Bima dan Dompu Melalui Ide dan Gagasan Mahasiswa" tersebut diikuti oleh masing-masing perwakilan tiap Orda mahasiswa Bima dan Dompu, diantaranya : IKAMADAMA, IKPMD, KKLM, KKSM, FORMASI, KOMPLASI, FOR MALANG, KOMPAS, REMAN, FORMAL, dan KKMM.

Reporter : Furkan
Editor      : Siti Hajar