Hebat! Komabi Kenalkan Budaya Khas Bima di Kampus UM Malang
Cari Berita

Advertisement

Hebat! Komabi Kenalkan Budaya Khas Bima di Kampus UM Malang

Rabu, 15 November 2017

Pakaian adat yang di tampilkan di atas panggung festival budaya UM Malang
Indikatorbima.com - Mempertahankan budaya daerah menjadi tangung jawab semua elemen masyarakat Bima. Tidak mau ketinggalan Komunitas Mahasiswa Bima (KOMABI UM) mempersembahkan beberapa kesenian khas daerah dan pakain adat Bima pada festival budaya bertajuk "Jayayalah Negeriku Lestarilah Budayaku" yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang (8/11/). Terdapat sejumlah organisasi daerah terlibat langsung dalam festival budaya ini. Rabu, (15/11/17).

Melalui acara tersebut diharapkan dapat merajut silaturahim sekaligus mengenalkan daerah masing-masing kepada seluruh civitas akademika Universitas Negeri Malang. Ini menjadi kesempatan mahasiswa Bima untuk memperkenalkan budaya daerah yang kaya akan seni dan budaya tersebut.

"Selain menjalin silataruhim dengan civitas akademika UM, kegiatan ini juga menjadi penting kepada mahasiswa Bima untuk mengenalkan budaya Bima yang kaya tersebut," ujar Tati Haryati Ketupel kegiatan yang juga mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat kepada Indikator Bima.
Tari Buja Kandada ketika ditampilkan
Tari "Buja Kadanda" menjadi salah satu kesenian yang ditampilkan oleh Komabi dan "Rimpu" sebagai pendamping dalam parade budaya tersebut.

"Pada malam puncak acara Komabi menampilkan fashion show dengan memakai baju adat Bima dan tari "Wura Bongi Monca" dihadapan ratusan penonton," lanjut dia.

Sementara itu, salah satu penari asal Bima mengakui bahwa, waktu latihan dan persiapan hanya sebentar. Sehinggaa saat penampilan tari buja kadanda penari merasa kesulitan memperagakan gerakan-gerakannya. Namun demikiam penampilan mereka sudah sangat memuaskan.
Tari Wura Bongi Monca Ketika ditampilkan
"Tidak ada persiapan khusus yang kami lakukan. Bahkan waktu untuk latihan pun hanya sebentar. Tapi karena rasa cinta dan bangga akan daerah Bima menjadikan semua itu terasa mudah. Alhamdulillah penampilan kami mengundang tepuk tangan yang meriah oleh penonton," tutur Aan Mulyawan yang juga mahasiswa jurusan seni rupa asal Bima.

"Terlepas dari berbagai kendala yang ada kami berusaha memberikan penampilan terbaik dan alhamdulillah semuanya berjalan sesuai rencana," tambah Lyla penari lainnya kepada Indikator Bima. 

Reporter : Anas Monta
Editor      : Muh. Ainul B