Hebat! Inilah Cara Uba Teo "Dokter Ghoib" Mengobati Berbagai Jenis Penyakit Pasiennya
Cari Berita

Advertisement

Hebat! Inilah Cara Uba Teo "Dokter Ghoib" Mengobati Berbagai Jenis Penyakit Pasiennya

Jumat, 17 November 2017

Foto : Muhtar Bin Usman atau yang akrab disapa Uba Teo.
Indikatorbima.com - Sebelumnya diberitakan tentang seorang Sando (tabib) bernama Muhtar Bin Usman atau yang akrab disapa Uba Teo (45) tahun, warga RT. 05/RW 05 Dusun Pai Desa Pai Kecamatan Wera Kabupaten Bima ini dikenal sebagai orang yang memiliki kemampuan tinggi (Ilmu Spiritual) untuk menyembuhkan hampir segala jenis dan bentuk penyakit ghoib. Entah sejak kapan dan dari mana beliau memiliki ilmu spiritual itu, yang jelas ini fakta, nyata, dan terbukti adanya. Bukan ilmu sihir, bukan ilmu penipuan, bukan pula ilmu guna-guna.

Uba Teo ketika mengobati para pasiennya selalu membaca ayat-ayat suci Al quran dengan terlebih dahulu berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah Swt. 

"Saya hanya mengobati dengan cara saya, kesembuhan penyakit ialah kehendak Allah Swt" ujar Uba Teo kepada Indikator Bima ketika di wawancarai di kediamannya. 

Tidak kurang dari ratusan pasien yang sudah berkunjung ke rumah beliau untuk berobat dengan segala jenis penyakit (ghoib) yang mereka alami. Baik itu di dalam maupun di luar Kota Bima. Seperti, dari Kota Jakarta, Papua, Bandung, Bali, Yogyakarta, Kendari, lebih-lebih orang asli daerah Bima. Tak tanggung-tanggung para pasien tersebut rela menanggung ongkos demi berobat ke rumah beliau.

Uniknya, cara pengobatan yang dilakukan oleh Uba Teo tidak seribet prosedur pengobatan yang dilakukan oleh dokter. Uba Teo tidak butuh alat-alat teknologi canggih untuk mendeteksi penyakit pasiennya sebagaimana yang biasa dipakai oleh seorang dokter.

Penulis tidak bermaksud membandingkan atau menunjukan kelemahan seorang dokter dihadapan seorang sando (tabib). Penulis percaya bahwa keduanya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Seorang dokter punya ilmu pengetahuan ilmiah yang teruji yang dapat mengobati pasienya. Sebaliknya seorang sando (tabib) oleh kebanyakan orang dianggap memiliki ilmu pengetahuan yang tidak wajar tapi juga terbukti dapat mengobati pasiennya. Bahkan tidak jarang keduanya saling membutuhkan dan mengobati, bisa jadi dokter berobat ke sando (tabib) ketika mengalami penyakit (Ghoib), sebaliknya juga demikian, sando (tabib) membutuhkan pengobatan dari seorang dokter ketika mengalami diare.

Penulis hanya ingin menunjukan bahwa betapa seorang Sando (tabib) masih sangat dibutuhkan dalam hal pengobatan penyakit Ghoib, baik itu sebelum adanya seorang dokter maupun sesudah adanya dokter di dunia ini, seorang sando (tabib) adalah dokter (ghoib) kepercayaan masyarakat Bima dan Dompu sejak dulu hingga kini, tak termakan oleh waktu, dan dunia mengakui itu.

Seorang dokter harus mengobati pasiennya dengan bantuan alat-alat teknologi yang sangat canggih ditambah dengan berbagai macam obat-obatan, dilengkapi dengan cara dan panduan atau prosedur lengkap baik itu dalam tahap pemeriksaan maupun dalam proses pengobatan, jika tidak, maka hasilnya bisa berakibat fatal. Seorang dokter harus memeriksa, merawat, dan mengobati pasiennya secara langsung tidak boleh tidak. Sedangkan bagi seorang Uba Teo semua itu sama sekali tidak dibutuhkan, baik itu alat medis yang canggih, obat-obatan, maupun prosedur yang berbelit-belit. Beliau hanya butuh handphone untuk menelpon pasiennya. 

Uba Teo dapat mengobati pasiennya dari jarak jauh dengan cara melakukan komunikasi melalui telepon tanpa sedikitpun menyentuh pasiennya pasien hanya perlu mendengarkan doa-doa dan suara tepukan paha Uba Teo. Sama halnya dengan pengobatan yang dilakukan secara tatap muka. Beliau mengobati pasiennya dengan cara memukulkan tangannya ke pahanya sendiri, dan pasiennya cukup mendengarkan suara dari pukulan tangannya tersebut.

"Asalkan mengetahui nama orang yang akan diobati dan dengan kehendak Tuhan, Insya Allah pasiennya pasti sembuh." terangnya ketika menceritakan cara dan pengalamannya mengobati pasiennya. 

Selama Uba Teo menjadi sando (tabib), tidak sedikit penyakit pasiennya yang berhasil ia sembuhkan secara total. Bahkan dirinya pernah diberikan sebuah sepeda motor oleh salah satu pasiennya sebagai tanda terimaksih, sekalipun ia menolaknya. Beliau percaya bahwa tidaklah berkah jika ilmu yang ia punya diperjual belikan kepada yang membutuhkan, apalagi kepada orang yang tidak mampu.

"Saya percaya bahwa kelebihan ini adalah pemberian dan titipan dari Allah swt untuk membantu sesama yang membutuhkan" tutur pria yang hanya tamatan sekolah dasar ini.

Beberapa diantara penyakit pasiean yang berhasil disembuhkan oleh Uba Teo adalah penyakit seorang berinisial SD Warga Kaleo kecamatan Sape, SD Menderita penyakit yang cukup mengerikan yaitu, anusnya mengeluarkan darah hingga beberapa ember, namun berkat pengobatan beliau akhirnya dapat disembuhkan. Ada juga yang datang dengan perut buncit, karena tidak bisa Buang Air Besar (BAB) selama beberapa bulan, dan akhirnya perutnya pun kembali normal dan babnya lancar. Ada lagi yang datang dengan diangkat pakai tandu oleh orang-orang, namun saat pulang dia jalan sendiri, bahkan ada juga pasiennya yang terkena pelet, sihir atau guna-guna yang mengalami penyakit tidak wajar yaitu keluar paku dari mulutnya, pada akhirnya dapat pula beliau sembuhkan. Bahkan santet sekalipun. Beberapanya lagi penyakit ghoib yang dialami oleh pasiennya, adalah penyakit yang biasa di kenal dengan sebutan "bura" (guna-guna yang di tebarkan di halaman rumah orang atau di tempat-tempat tertentu) yang terdiri dari beberapa jenis bura yaitu, Bura Mbeca, Bura Mango, Bura Keta, dan lain-lain. Ada juga pasiennya yang sering diganggu-ganggu oleh Jin, dapat pula ia sembuhkan. pokoknya hampir segala jenis penyakit ghoib dapat ia sembuhkan.

Namun demikian, menjadi seorang tabib spritual merupakan pekerjaan yang kerap kali menjadi buah bibir dikalangan masyarakat. Sering kali seorang tabib mendapat gunjingan atau sebaliknya mendapatkan pujian. Pro dan kontra dikalangan masyarakat pun terjadi begitu saja, ada yang percaya ada pula yang sama sekali tidak percaya, memang dualisme yang tak terpisahkan. Kata pro dan kontra ini lah yang cocok untuk sesuatu profesi yang jarang sekali diminati oleh para masyarakat saat ini. Karena ilmu spritual merupakan ilmu yang mempelajari sesutu yang ghoib dan membutuhkan orang-orang yang tepat untuk mempelajari dan mendalami ilmu ini.

Penulis perlu menegaskan bahwa, kami tidak bermaksud mempromosikan Uba Teo dalam rangka apapun, bahkan Uba Teo sendiri tidak membutuhkan suatu promosi, namun ketika di wawancarai oleh Indikator Bima tentang ilmu spiritual dan pengalamannya selama menjadi tabib, rasanya perlu informasi ini kami sampaikan. Kami berpikir bahwa, tidak menutup kemungkinan ada orang diluar sana yang mungkin saat ini, atau nanti pada waktunya membutuhkan jasa pengobatan Uba Teo.

Kami dari Indikator Bima hanya dalam rangka menjalankan tugas sebagai Jurnalis yaitu menyampaikan suatu informasi yang akurat, obyektif dan penting diketahui oleh publik. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kontak ini. Ginanjar : 085238875031(WhatsApp). Semoga bermanfaat.

Reporter : Ginanjar
Editor      : Furkan