Gara-Gara Status FB "Bukan SMA Muhammad Duit" PC. IMM Bima Laporkan Agus Mawardy
Cari Berita

Advertisement

Gara-Gara Status FB "Bukan SMA Muhammad Duit" PC. IMM Bima Laporkan Agus Mawardy

Sabtu, 11 November 2017

IMM Cabang Bima ketika menyerahkan berkas laporan kepada Polres Bima Kota.
Indikatorbima.com - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kota Bima, secara resmi melaporkan Agus Mawardy pada hari Jum'at 10 November 2017 sekitar pukul 16.15 WIB kepada Polres Bima Kota. Agus Mawardy diduga melakukan tindak pidana penghinaan dan/atau pencemaran nama baik kepada Institusi SMA Muhammadiyah Bima melalui akun facebooknya. Sabtu, (11/11/17).

Ketua IMM Cabang Bima Ahmad Imam Hambali yang didampingi oleh beberapa kadernya secara resmi melaporkan Agus Mawardy kepada Polres Bima Kota. Ahmad menjelaskan bahwa, laporan mereka didasarkan pada dugaan adanya tindak pidana penghinaan dan/atau pencemaran nama baik terhadap perserikatan Muhammadiyah.

"Agus Mawardy dilaporkan atas dugaan tindak pidana penghinaan dan/atau pencemaran nama baik terhadap Perserikatan Muhammadiyah dan salah satu Amal Usaha Muhammadiyah di Kota Bima" jelasnya.

"Dugaan penghinaan dan/atu pencemaran nama baik ini dilakukan oleh Agus Mawardy melalui akun facebooknya bernama Bima Mawardy" tambahnya.

Lebih Lanjut Ahmad mengatakan bahwa, pihaknya akan terus mengawal proses hukum atas laporan mereka, ia juga mengungkapkan bahwa, pihaknya sudah melaporkan kasus tersebut pada Mabes Polri.

"Kasus ini sudah di laporkan juga di mabes polri. Untuk itu jangan coba-coba permainkan proses hukumnya, kami akan kawal proses hukum sampai ada kejelasan dari masalah ini" terangnya.

"Terkait kasus ini bukan hanya IMM yang akan mengawalnya namun seluruh angkatan mudah Muhammadiyah" lanjutnya.

Sementara itu, Agus Mawardy ketika dikonfirmasi oleh Indikator Bima langsung mengirim draft laporan yang isinya juga menanggapi tindakan pelaporan atas dirinya tersebut.

"Itu semua ada di file yang saya kirim" chatnya melalui massenger.

Adapun beberapa point yang tercantum dalam draft Laporan yang dikirim Agus Mawardy kepada Indikator Bima mengatakan bahwa, laporan Kader IMM yang ditujukan pada dirinya tersebut, merupakan bentuk kekecewaan Pihak Muhammadiyah karna sebelumnya pernah dijadikan sebagai obyek pemberitaan oleh media Metromini. Agus Mawardy juga menekankan bahwa status facebook yang ia tulis tidaklah memuat unsur-unsur penghinaan.

"Obyek laporan yaitu status di akun Facebook Bima Mawardy (pelapor) adalah status yang tidak mengandung unsur penghinaan. Dan diduga, upaya tindakan melaporkan pelapor adalah bagian dari kekecewaan pihak muhammadiyah yang sebelumnya menjadi obyek berita di media milik pelapor". Pernyataan Agus Mawardy yang dilansir dari salah satu Point laporannya.

Lebih lanjut, Agus Mawardy menyatakan pada point 10 bahwa, tindakan pelaporan oleh Kader Muhammadiyah terhadap dirinya tersebut, diduga merupakan bagian dari tindak pidana mengalangi tugas jurnalis dalam melakukan peliputan. 

"Diduga tindakan oknum kader muhammadiyah yang melaporkan akun Facebook Bima Mawardy atau Agus Mawardy atau Pelapor dalam hal ini, adalah bagian dari tindak pidana yang menghalangi tugas-tugas seorang jurnalis dalam melakukan peliputan sebagai yang diatur dalam UU No 40 tahun 1999 tentang Pers". tulisnya.
Screenshot Status Agus Mawardy
Sebelumnya Agus Mawardy yang juga seorang Pemimpin Redaksi Media Metromini melalui akun facebooknya (Bima Mawardy) pada Tanggal 9 November 2017 sekitar pukul 11.00 WIB, memposting sebuah status yang diduga menghina salah satu amal usaha Muhammadiyah yang ada di Kota Bima.

"Ini SMA Muhammadiyah...Bukan SMA Muhammad Duit" cuit Agus Mawardy pada kronologi facebooknya.

Reporter : Furkan
Editor      : Fuad D Fu