Rayakan Hari Cuci Tangan Sedunia Ke-10, Kabupaten Bima Deklarasikan Kecamatan ODF 2017
Cari Berita

Advertisement

Rayakan Hari Cuci Tangan Sedunia Ke-10, Kabupaten Bima Deklarasikan Kecamatan ODF 2017

Castello
Kamis, 26 Oktober 2017

Bupati Bima menyerahkan penghargaan kepada Kecamatan Lambitu sebagai kecamatan ODF (Dok. Indikatorbima.com)
Indikatorbima.com - Kabupaten Bima merayakan Hari Cuci Tangan Sedunia yang ke 10 pada hari Senin pagi lalu (23/10/17). Kegiatan tersebut digelar di lapangan SMPN 1 Lambitu.  Bersamaan perayaan itu, juga dideklarasikan Kecamatan ODF tahun 2017 oleh Camat Lambitu, M.Anin.S.Sos.
 
Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia sebenarnya jatuh pada tanggal 15 Oktober. Penetapannya dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB.

Kegiatan perayaan di desa Kuta Kecamatan Lambitu dihadiri langsung oleh Bupati Bima,  Dalam sambutanya Bupati menyampaikan apresiasi kepada  Kecamatan Lambitu karena mampu lebih awal mendeklarasikan diri menjadi kecamatan ODF.  beliau berharap kecamatan lain  mengikuti jejak kecamatan yang baru seumur jagung ini. Untuk diketahui, Open Defecation Free (ODF) adalah program kesehatan yang biasa diterjemahkan sebagai Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS/SBS).




Bupati meminta agar deklarasi ini tidak hanya dalam bentuk seremonial  saja, tapi lebih ke arah gerakan nyata oleh semua pihak,  Bupati juga menghimbau  kepada seluruh kepala desa agar  memiliki inisiatif untuk membangun gedung posyandu yang permanen di  semua desa melalui dana desa yang tersedia.

Hadir dalam acara ini seluruh instansi muspika, UPT Dinkes dan seluruh Camat se Kabupaten Bima. Kegiatan di tutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Camat Lambitu dan  kepala desa yang telah berhasil mendeklarasikan diri menjadi desa ODF. Desa Kuta menyatakan dirinya bahwa sebagian besar masyarakat desa tidak lagi buang air besar secara sembarangan.