Menjadi Guru Profesional Melalui Pengembangan Diri
Cari Berita

Advertisement

Menjadi Guru Profesional Melalui Pengembangan Diri

Selasa, 31 Oktober 2017

Foto : Penulis
Dalam dunia pendidikan, guru memiliki peran yang sangat penting terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Guru adalah salah satu profesi di masyarakat yang berperan melaksanakan proses pendidikan secara professional dan menjadi contoh teladan yang baik bagi peserta didik maupun orang-orang yang ada di lingkungan masyarakat.

Guru dituntut untuk selalu up to date pada perkembangan zaman, serta kemajuan informasi dan teknologi sehingga dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan peserta didiknya. Jika guru tidak menguasainya, bagaimana guru dapat membimbing peserta didiknya untuk meningkatkan pengetahuannya sedangkan pengetahuan dirinya terbatas.

Untuk menjadi guru professional, seorang guru wajib memiliki empat kompetensi dasar yaitu pedagogik yaitu kemampuan guru dalam memahami proses pembelajaran, personal yaitu kepribadian baik dan luwes yang dimiliki guru yang patut untuk dicontohi, professional yaitu kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dan sosial yaitu kemampuan seorang guru dalam membangun komunikasi yang baik dengan sesama guru, peserta didik maupun masyarakat.

Pengembangan diri penting untuk dilakukan oleh guru melalui berbagai aktifitas diri yang bermanfaat baik itu secara formal maupun nonformal. Secara formal guru dapat mengikuti pelatihan berbasis kompetensi, berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ilmiah serta melakukan penelitian. Secara nonformal, seorang guru dapat membaca dan menulis berbagai jurnal ilmiah, memanfaatkan teknologi serta bertukar pikiran dengan professional lain diluar sekolah.

Untuk menjadi guru professional dibutuhkan pengembangan potensi yang ada di dalam diri sehingga menjadi guru professional yang memiliki kemampuan serta pengetahuan yang luas. 

Penulis : Jaitun (mahasiswa PBSI Universitas Muhammadiyah Malang).