Keberadaan Langgudu dan Trasportasi Unggul, Wujudkan Kesejahteraan Rakyat
Cari Berita

Advertisement

Keberadaan Langgudu dan Trasportasi Unggul, Wujudkan Kesejahteraan Rakyat

Jumat, 20 Oktober 2017

Foto : Penulis
Langgudu merupakan salah satu kecamatan dari 18 kecamatan di Kabupaten Bima Provinsi NTB, Langgudu terkenal sebagai daerah yang indah dan subur dengan sumber penghasilan perekonomian yang merata, di antaranya, sumber penghasilan lautan dan sumber penghasilan daratan.

Melihat dari berbagai faktor tersebut, sarana transportasi merupakan aktor utama untuk mendukung adanya Sumber Daya Alam(SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), adanya transportasi ini upaya memudahkan masyarakat disekitaran Daerah Bima mudah berkomunikasi dan saling mendukung aktivitas antara satu sama lain.

Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak akan ada manfaatnya bagi masyarakat sekitar bila tidak didukung oleh transportasi, karena keberhasilan suatu penduduk itu dikarenakan adanya faktor pendukung, anatanya adalah lalu lintas dan transportasi umum. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 yang berkaitan dengan lalu lintas dan angkutan yang telah dirapat paripurnakan oleh DPR RI pada tanggal 26 Mei 2009 yang kemudian disahkan oleh Presiden RI pada tanggal 22 Juni 2009. Undang-Undang ini adalah kelanjutan dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992, terlihat bahwa kelanjutannya adalah merupakan pengembangan yang signifikan.

Sarana transportasi juga didukung Undang-Undang (UU), yakni Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 1992 menyampaikan bahwa untuk mencapai tujuan pembangunan nasional sebagai pengamalan pancasila, transportasi memiliki posisi yang penting dan strategis dalam pembangunan bangsa yang berwawasan lingkungan dan hal ini harus tercermin pada kebutuhan mobilitas seluruh sektor dan wilayah.

Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dan strategis dalam memperlancar roda perekonomian, memperkukuh persatuan dan kesatuan serta mempengaruhi semua aspek kehidupan bangsa dan negara.

Harapan besar penulis pada pemerintah Daerah Kabupaten Bima, segerah melirik lalu lintas di kecamatan Langgudu sebagai upaya memperlancar pendistribusian sumber ekonomi daerah yang kuat serta unggul, karena tanpa ada lirikan dari pemerintah maka sarana dan prasarana tidak akan terwujud, apalagi ini adalah kebutuhan masyarakat setempat agar pelayanan Lalu lintas dan pelayanan transportasi aman, selamat, tertib, lancar, dan terpadu demi mendorong perekonomian nasional, memajukan kesejahteraan umum, memperkukuh persatuan dan kesatuan Daerah Bima, NTB dan Bangsa, serta mampu menjunjung tinggi martabat kesejahteraan masyarakat yang merata.

Penulis : Muhammad Akhir (Mahasiswa Yogyakarta asal Bima Langgudu).