HMI UMM Gelar Aksi Peringati Sumpah Pemuda, Ini Isu Strategis yang Disorot
Cari Berita

Advertisement

HMI UMM Gelar Aksi Peringati Sumpah Pemuda, Ini Isu Strategis yang Disorot

Sabtu, 28 Oktober 2017

Suasana Aksi peringatan hari sumpah pemuda oleh HMI Korkom UMM di depan gerbang masuk kampus UMM
Indikatorbima.com - Refleksi hari sumpah pemuda, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang Koordinator Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Gelar Aksi didepan Kampus UMM. Beberapa Isu sentral pun disoroti. Sabtu, (28/10/17).

Setidaknya 114 masa aksi dari HMI Korkom UMM berkumpul di depan gerbang/pintu masuk kampus UMM, sembari membentangkan spanduk putih yang bertulis "HMI UMM memperingati hari Soempah Pemoeda ke -89" yang dikelilingi oleh lilin-lilin putih.

Rustamin selaku Ketua Bidang perguruan tinggi dan kemahasiswaan sekaligus Koordinator lapangan aksi, dalam orasinya menyampaikan bahwa HMI UMM akan selalu terlibat dalam proses perjuangan bangsa untuk memajukan kesejahteraan umat dan akan terus mengawal kebijakan pemerintah.

"Kami HMI korkom umm menyatakan diri untuk selalu terlibat dalam proses perjungan bangsa untuk memajukan kesejahteraan umat dan bangsa sebagai bagian dari amanat UUD 45 dan terus mengawal berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah nasional" ujarnya ketika berorasi.

Lebih lanjut, Rustamin Mengatakan bahwa kebijakan pemerintah seperti penguatan Civil Society dan istilah Nawa Cita hanyalah janji Pemilu, Ia juga mengatakan bahwa penangkapan yang disertai tindakan represif pihak kepolisian terhadap mahasiswa yang melakukan aksi penyampaian aspirasi di Jakarta beberapa hari yang lalu adalah bentuk mematikan gerakan mahasiswa.

"Kebijakan terkait dengan nawa cita yang hanya sekedar janji pemilu. Diantaranya penguatan civil Sosiety tetapi hari ini gerakan itu dimatikan dengan tindakan represif contohnya penangkapan mahasiswa saat melakukan aksi di jakarta" teriaknya berorasi.

Aksi peringatan hari sumpah pemuda yang dilakukan oleh HMI Korkom UMM tersebut berlangsung sangat damai dan bersahabat kemudian diakhiri dengan doa bersama mengenang jasa-jasa para pemuda pendahulu mereka.

Reporter : Furkan