Budaya "Maja Labo Dahu" Adalah Pancasila dan Dasar Kehidupan
Cari Berita

Advertisement

Budaya "Maja Labo Dahu" Adalah Pancasila dan Dasar Kehidupan

Minggu, 15 Oktober 2017


Pembina Forum Komunikasi Mahasiswa Bima-Ciputat Raya, Syahrul Ramadhan (Baju Biru) Saat Menerima Cinderakasih dari Ketua FKMB (Baju Abu-Abu) 
Indikatorbima.com - Pada Kegiatan Latihan Kader Forum Komunikasi Mahasiswa Bima (FKMB) Ciputat Raya yang bertajuk "Iktiar Rekonstruksi Nilai Budaya Maja Labo Dahu," Syahrul Ramadhan sebagai Pembina, mengatakan bahwa budaya maja labo dahu adalah pancasila dan dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, Minggu, (15/10/17).

Budaya merupakan kebanggaan suatu daerah, sehingga ini menjadikan setiap orang untuk melestarikan budayanya masing-masing, salah satu contohnya mengimplementasikan nilai-nilai budaya dalam kehidupan sosial.

"Maja labo Dahu adalah Pancasila dan dasar kehidupan bernegara bagi bangsa Mbojo selama berabat-abat lamanya, ini merupakan kritalisasi nilai yang tumbuh dan bersemi dalam peradaban bangsa Mbojo, maka harus ditanamkan kembali kepada masyarakat maupun mahasiswa Bima dimanapum berada". Ujar Syahrul Ramadhan.

Lebih lanjut Syahrul mengatakan bahwa, ada 4 aspek nilai-nilai "Maja Labo Dahu" dalam proses sosialisasi kehidupan masyarakat Mbojo yaitu :
1. Manusia mengadakan interaksi dengan dirinya.
2. Wujud kehidupan manusia dengan manusia lainnya.
3. Wujud kehidupan manusia dengan lingkungannya.
4. Wujud kehidupan manusia dengan Tuhannya.

Mahasiswa asal Rupe ini juga, meyakini bahwa "Dalam diri masyarakat Bima yang tertanam budaya "Maja Labo Dahu sesungguhnya memiliki nilai kejujuran, kesederhanaan, kerja keras, dan keuletan. Oleh karena itu generasi baru mahasiswa bima ciputat dan semua masyarakat Bima harus memiliki jiwa primordial terhadap budayanya itu sendiri.

Biar bagaimanapun, ketika kita melangkahkan kaki dari Bima ke Ciputat (Jakarta) itu bicara Hijrah, dari ketidaktahuan sampai dengan pengetahuan akan ilmu itu sendiri". Dia berharap kepada mahasiswa bima agar tetap dan terus aktif dalam organisasi FKMB - Ciputat Raya yang sudah berjalan 5 tahun semenjak didirikan dan juga Syahrul menganjurkan kepada adek-adek mahasiswa Bima agar ikut andil dalam organisasi-organisasi besar, seperti HMI, PMII, IMM KAMMI, supaya kita tahu cultur setiap daerah itu seperti apa. 

Reporter : Subhan Forest